Butuh Investor Kembangkan Wisata Maninjau


Rabu, 14 Januari 2015 - 19:10:25 WIB
Butuh Investor Kembangkan Wisata Maninjau

Kepala Dinas Kebudayaan dan Periwisata Kabupaten Agam, Junaidi, Rabu, (14/1) mengakui jika potensi pe­ngem­bangan pariwisata Danau Maninjau masih menjanjikan. Pemerintah terus berupaya melakukan pengembangan dengan melakukan perbaikan melengkapi sejumlah sarana objek wisata.

Baca Juga : Pasien Covid-19 yang Dinyatakan Sembuh di Sumbar Bertambah 242 Orang, Total 37.002 Kasus

Namun untuk melakukan pengembangan secara drastis tentu membutuhkan anggaran yang besar, dana itu tentunya  hanya dimiliki oleh investor. Tetapi pemerintah tidak ber­henti sampai disitu, pihaknya juga mengupayakan dana untuk membangun objek wisata yang berkelas melalui dana pusat.

“Pengembangan wisata Da­nau Maninjau mem­butuh­kan dana yang tidak sedikit. Kita tetap berusaha melakukan beragam usaha untuk me­lengkapi objek wisata di kawa­san Maninjau. Kami sudah merencanakan membangun objek prepresentatif di kawasan Danau Maninjau, tepatnya di Linggai, Kena­garian Duo Koto,” ungkapnya.

Baca Juga : Update Penularan Virus Corona di Sumbar, Pasien Positif Bertambah 230 Kasus

Menurutya untuk mem­bangun objek wisata tersebut pihaknya sudah mengajukan dana ke pusat lebih kurang Rp11 miliar. Tetapi hingga saat ini  belum mendapatkan ja­waban.

Meski demikian pemerin­tah akan terus mengupayakan cara lain, salah satunya ber­upaya mengundang pemilik modal.

“Tidak bisa dipungkiri jika salah satu kendala datangnya investor untuk mendorong pengembangan pariwisata Ma­ninjau akibat sektor perikanan lebih mendominasi wilayah itu. KJA sangat banyak, se­hingga secara tidak langsung mengurangi keindahan danau, meski begitu pemerintah se­dang berupaya untuk mela­kukan pengurangan terhadap KJA tersebut,” ungkapnya.

Secara keseluruhan ada tiga titik pengembangan objek wisata yang saat ini diren­canakan bakal ditawarkan kepada invenstor, antara lain, objek wisata Linggai, pem­bangunan wisata pantai Ban­dar Mutiara Tiku, kemudian Kabel Card, dari Lawang ke Bayur Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya. (h/yat)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]