PDAM Tebus Hutang Puluhan Tahun


Rabu, 14 Januari 2015 - 19:19:06 WIB
PDAM Tebus Hutang Puluhan Tahun

Sejak awal terbentuk, jum­lah pinjaman yang dikucurkan kepada PDAM sebanyak Rp1­12 miliar. Hutang yang ber­puluh tahun ini terjadi karena kesalahan manajemen mem­buat 12 unit sumur bor, yang sekarang tidak efektif. Seiring berjalan waktu, jumlah pin­jaman dihapuskan hingga men­jadi Rp20 miliar. Men­jelang kemandiriannya, DPRD meminta PDAM segera melu­nasi hutang kepada rakyat tersebut.

Baca Juga : Hadiri Wirid di Perumda AM Padang, Hendri Septa Ajak Tingkatkan Kepedulian

Direktur PDAM Kota Pa­dang Suloko menjelaskan, pembayaran utang telah dimu­lai pada tahun 2010 lalu, dan pada tahun 2014 telah diba­yarkan Rp14,6 miliar. Ke­mudian di tahun 2015 ini dilanjutkan dengan pem­ba­yaran sebesar Rp 8,7 miliar, serta  tahun 2016 mendatang Rp3,6 miliar, ditahun 2017 Rp3,1 miliar dan Rp 1,3 mi­liar untuk ditahun 2018 men­datang.

Terkait perbaikan intake, Suloko menjelaskan pihaknya berupaya maksimal dalam penyaluran air bersih. Kini, tiga intake di kawasan Batu Gadang, Air Dingin, Ke­lu­rahan Balai Gadang, Ke­ca­matan Koto Tangah tengah diaktifkan.

Baca Juga : Pemko Padang Gelar Bimtek PPRG Tahun 2021

“Dengan diaktifkannya pem­­­bangunan intake tersebut, yang memiliki kecepatan debit air sekitar 150 perdetik, tentu sangat membantu masyarakat untuk memperoleh air ber­sih,” katanya.

Suloko  menambahkan, tiga intake di kawasan tersebut mampu menyuplai di kawasan Air Dingin, Tanjung Aua, Pa­rak Buruk, Bungo Pasang dan Pulai. Ia juga mengakui, se­belum diaktifkannya pem­bangunan intake tersebut, dari delapan ribu jumlah kon­su­men air bersih baru sekitar 65 persen terealisasi, dan ke depannya diharapkan dapat tercapai sekitar 72 persen.

Baca Juga : Pandemi Belum Reda, Warga Padang Takut Berobat ke Puskesmas

“Sehingga,  peningkatan targetnya ada 30 persen dari persentase awal. Walau saat ini kondisi keuangan daerah ma­sih dalam kondisi terbatas,” ungkapnya.

Ketua Komisi II DPRD Kota  Padang Elvi Amri  me­ngatakan,  dengan komitmen yang akan disegerakan oleh Direksi PDAM, merupakan salah satu harapan masyarakat Kota Padang. Maka dari itu, DPRD akan mengawasi hal ini terkait realisasinya sesuai dengan apa yang telah diprogramkan sebelumnya.

Baca Juga : Jumlah Penerima BST di Padang Berkurang 2 Ribu KPM

“Diharapkan, selalu ada pengembangan lainnya, se­hingga kebutuhan konsumsi air bersih bagi masyarakat kota dapat terpenuhi secara op­timal,” ucap Elvi.

Terkait,  soal utang piu­tang Elvi merasa yakin PDM dapat terselesaikan sampai tiga tahun ke depan. Setelah rapat bersama komisi dan direksi, dapat disimpulkan bahwa PD­AM mampu melakukan pem­bayaran sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

“Artinya,  sampai pada tahun 2018 mendatang pena­naman modal di PDAM dapat terselesaikan, sehingga keman­dirian dan profesional PDAM Kota Padang bisa terwujud dalam bentuk persero,” kata kader Hanura ini. (h/ade)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]