Jepang Sepakati Kenaikan Belanja Militer


Rabu, 14 Januari 2015 - 19:22:16 WIB

Kenaikan 2,8 persen itu membuat Jepang kini memiliki anggaran miltier sebesar 4,98 triliun yen (42 miliar dolar AS). Situs Jiji Press, mengutip pejabat kementerian pertahanan Jepang, melaporkan anggaran ini adalah rekor baru. “Rekor sebelumnya adalah 4,98 triliun yen, yang dibuat tahun 2002,” ujar pejabat itu.

Anggaran sebanyak itu, masih menurut pejabat kemenhan Jepang, akan digunakan untuk belanja perangkat militer. Saat ini daftar belanja militer Jepang mencakup pembelian 20 pesawat patroli militer P-1 dengan harga 350 juta miliar yen, lima pesawat transport V-22 Osprey, dan enam pesawat tempur siluman teknologi tinggi F-35A.

Jepang juga mengincar armada drone Global Hawk selama lima tahun, dengan pembelian pertama lewat anggaran tahun ini. Belanja lainnya mencakup pembelian 30 kendaraan amfibi, dan satu pesawat peringatan dini E-2D yang berguna melindungi pulau-pulau terluar Jepang.

Jepang juga membutuhkan dana besar untuk merelokasi pasukan AS dari pangkalan mereka di Pulau Okinawa.

Tiongkok dipastikan akan merespon peningkatan belanja militer Jepang dalam waktu dekat. Jepang dan Tiongkok terlibat sengketa kepemilikan Pulau Senkaku, Beijing menyebutnya Pulau Dioayu, di Laut Cina Timur. (h/inl)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 20 Februari 2020 - 20:00:47 WIB

    Grab Dapat Suntikan Modal Rp10 T dari Bank Raksasa Jepang

    Grab Dapat Suntikan Modal Rp10 T dari Bank Raksasa Jepang BOGOR, HARIANHALUAN.COM - Grab akan menerima investasi US$726 juta (sekitar Rp10 triliun) dari Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG) Jepang, dilansir dari KrAsia, Kamis (20/2/2020)..
  • Ahad, 26 Januari 2020 - 22:10:15 WIB

    Korsel dan Jepang 'Tolak' Turis China, Bisnis Pariwisata Terpukul

    Korsel dan Jepang 'Tolak' Turis China, Bisnis Pariwisata Terpukul JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Virus Corona yang mewabah di China dan hinggap di beberapa negara di dunia tidak hanya membahayakan kesehatan manusia. Wabah virus corona yang lahir di Wuhan, Hubei, China, juga memukul bisnis pari.
  • Jumat, 24 Januari 2020 - 13:37:48 WIB

    Bank dari Jepang Berminat Biayai 70 Pelabuhan Pertamina

    Bank dari Jepang Berminat Biayai 70 Pelabuhan Pertamina JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Perbankan Jepang Mizuho menyatakan minatnya untuk membiayai 70 pelabuhan milik Pertamina. Pelabuhan itu ditawarkan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia di kegiatan World .
  • Jumat, 10 Januari 2020 - 19:57:51 WIB

    Agresif! Nilai Perdagangan Jepang-Indonesia Tembus US$ 23,85 Miliar

    JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- "Indonesia menyambut baik komitmen Jepang untuk terus menjadi mitra kunci pembangunan sektor prioritas Indonesia," demikian ditegaskan Menlu RI kepada Menlu Jepang Motegi Toshimitsu dalam pertemua.
  • Sabtu, 14 Desember 2019 - 18:00:44 WIB

    Indonesia dan Jepang Makin Mesra, Kok Bisa?

    Indonesia dan Jepang Makin Mesra, Kok Bisa? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Indonesia dan Jepang terus menjalin kerja sama dalam upaya pengembangan industri otomotif, termasuk mendorong percepatan produksi kendaraan ramah lingkungan..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM