Jepang Sepakati Kenaikan Belanja Militer


Rabu, 14 Januari 2015 - 19:22:16 WIB
Jepang Sepakati Kenaikan Belanja Militer

Kenaikan 2,8 persen itu membuat Jepang kini memiliki anggaran miltier sebesar 4,98 triliun yen (42 miliar dolar AS). Situs Jiji Press, mengutip pejabat kementerian pertahanan Jepang, melaporkan anggaran ini adalah rekor baru. “Rekor sebelumnya adalah 4,98 triliun yen, yang dibuat tahun 2002,” ujar pejabat itu.

Baca Juga : Hingga Kuartal 1 2021, Penjualan Daihatsu Tembus 30 Ribu Unit

Anggaran sebanyak itu, masih menurut pejabat kemenhan Jepang, akan digunakan untuk belanja perangkat militer. Saat ini daftar belanja militer Jepang mencakup pembelian 20 pesawat patroli militer P-1 dengan harga 350 juta miliar yen, lima pesawat transport V-22 Osprey, dan enam pesawat tempur siluman teknologi tinggi F-35A.

Jepang juga mengincar armada drone Global Hawk selama lima tahun, dengan pembelian pertama lewat anggaran tahun ini. Belanja lainnya mencakup pembelian 30 kendaraan amfibi, dan satu pesawat peringatan dini E-2D yang berguna melindungi pulau-pulau terluar Jepang.

Baca Juga : Dukung Ekonomi Syariah, Pemerintah Fokus Bangun Industri Halal

Jepang juga membutuhkan dana besar untuk merelokasi pasukan AS dari pangkalan mereka di Pulau Okinawa.

Tiongkok dipastikan akan merespon peningkatan belanja militer Jepang dalam waktu dekat. Jepang dan Tiongkok terlibat sengketa kepemilikan Pulau Senkaku, Beijing menyebutnya Pulau Dioayu, di Laut Cina Timur. (h/inl)

Baca Juga : Perdagangan Pukul 11.00 WIB: Nilai Tukar Rupiah Belum Beranjak Dari Rp 14.600/US$

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]