DPR Diminta Segera Sahkan Perppu Pilkada


Rabu, 14 Januari 2015 - 19:28:24 WIB
DPR Diminta Segera Sahkan Perppu Pilkada

Ia mengatakan, KPU men­jadwalkan semua tahapan pen­calonan gubernur selesai pada 3 Maret 2015, sedangkan so­sialisasinya berlangsung dari 26 Januari hingga 25 Februari 2015 sehingga Peraturan KPU ten­tang pemilihan gubernur, bupati dan wali kota harus disahkan sebelum 26 Januari 2015.

Baca Juga : Partai Golkar Satu Suara Usung Airlangga Hartarto Jadi Capres

Pengesahan Peraturan KPU­ itu, menurutnya masih menunggu pengesahan Pera­turan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (PERPPU) Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan gubernur, bupati dan wali kota. “Kita me­ngin­gin­kan agar PERPPU Nomor 1 segera ditetapkan, jadi bisa segera menetapkan Peraturan KPU,” kata dia.

Dalam merancang pera­turan tersebut, ujar dia, KPU telah melakukan koordinasi dengan Badan Pengawas Pe­milu (Bawaslu) serta kon­sul­tasi publik dengan partai po­litik, LSM dan pengamat.

Baca Juga : Perkuat Infrastruktur Digitalisasi Partai, Anis Matta Resmikan Gelora Media Centre

KPU, kata dia, juga telah memberi kesempatan kepada gubernur, bupati dan wali kota serta masyarakat untuk ber­kontribusi memberikan tang­gapannya atas rancangan per­aturan tersebut.

Tiga rancangan Peraturan KPU tersebut adalah Pera­turan KPU tentang tahapan, program, jadwal pen­yeleng­garaan pemilihan gubernur, bupati dan walikota, Peraturan KPU tentang pencalonan pe­milihan gubernur, bupati dan walikota serta Peraturan KPU tentang pemutakhiran data dan daftar pemilih dalam pemilihan gubernur, bupati dan walikota.

Peraturan KPU akan di­gunakan untuk menjalankan Pemilihan gubernur, bupati dan wali kota di 204 daerah yang akan dilangsungkan pada 16 Desember 2015. (*/ant)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]