Baru 1.000 UMKM di Sumbar Bersertifikat Halal


Rabu, 14 Januari 2015 - 19:33:44 WIB
Baru 1.000 UMKM di Sumbar Bersertifikat Halal

Dikatakan Achmad Kharisma, Pemprov Sumbar sebagai fasilitator UMKM ini menargetkan ditahun 2015 sebanyak 50 UMKM lainnya akan menyusul untuk mendapat sertifikasi halal.

Baca Juga : Hadiri Wirid di Perumda AM Padang, Hendri Septa Ajak Tingkatkan Kepedulian

“Dengan pemberian sertifikat halal ini, kita pemerintah mem­programkan agar para UMKM mam­­pu bersaing menghadapi Ma­syarakat Ekonomi Asean (MEA),” ujarnya.

Ditambahkannya, dalam me­nyambut MEA ini, Pemprov Sumbar mempersiapkan para pengusaha yang mampu bersaing. Salah satu upaya juga dengan memfasilitasi UMKM untuk mengeluarkan ser­tifikat halal dan sertifikat merek produk seperti saat ini.

Baca Juga : Pemko Padang Gelar Bimtek PPRG Tahun 2021

Pemprov Sumbar telah me­ngang­garkan biaya pengurusan sertifikat halal ini dengan nilai Rp2,5 juta per UMKM. Sedangkan jumlah UMKM yang akan diberikan fasilitas ini sebanyak 50 UMKM pada tahun ini. “Jumlah ini masih sama dengan jumlah pada tahun 2014 lalu,” tandasnya.

Pemprov Sumbar berharap, nanti UMKM yang sudah ada sertifikat halalnya, dapat mengekspor pro­duknya, minimal ke negara tetangga.

Baca Juga : Pandemi Belum Reda, Warga Padang Takut Berobat ke Puskesmas

“Yang perlu kita perbaiki lagi yakni kualitasnya,” terang Achmad.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, dengan dikeluarkan sertifikat halal ini, diharapkan mampu memberikan motifasi kepa­da UMKM yang bergerak dibidang makanan lainnya untuk mengurus sertifikat halal dan mendaftarkan produknya.

Baca Juga : Jumlah Penerima BST di Padang Berkurang 2 Ribu KPM

”Apabila suatu produk sudah memiliki merek yang terdaftar, maka akan mudah untuk melakukan pe­nge­m­bangan usaha,” ujar Irwan

Dijelaskannya , merek ini juga bisa menjadi modal bagi UMKM, karena dengan adanya merek, pro­duk akan mudah untuk men­da­patkan jaminan kredit di bank atau lembaga pembiayaan lainnnya.

Gubernur berharap, meski telah memiliki sertifikat halal dan merek yang terdaftar, agar UMKM selalu menjaga kehalalan produknya. Karena, selain sebagai kewajiban usaha, itu juga menjadi tanggung jawab dalam syariat Islam.

”Sertifikat halal akan mampu meningkatkan usaha, karena, ke­percayaan konsumen itu yang akan mendukung perkembangan usaha kita,” tutup Irwan. (h/mg-isr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]