Mesir dan Turki Larang 'Charlie Hebdo'


Kamis, 15 Januari 2015 - 18:59:06 WIB
Mesir dan Turki Larang 'Charlie Hebdo'

"Demi menjaga ketertiban di masyarakat, publikasi ofensif dari luar dapat dilarang oleh pemerintah," demikian Ahram Online.

Baca Juga : Mudik Dilarang, Sejumlah Pool Bus AKAP di Kota Padang Tak Beroperasi Mulai Hari Ini

Dekrit ini dikeluarkan sehari sebelum Charlie Hebdo mengeluarkan edisi khusus dengan gambar sampul Nabi Muhammad mengatakan Je Suis Charlie.

Sebelumnya, Dar el-Ifta -- lembaga keislaman terbesar di Mesir -- mengecam rencana Charlie Hebdo menerbitkan edisi khusus dengan gambar Nabi Muhammad di sampulnya. Menurut ulama besar Mesir, Charlie Hebdo berpotensi menimbulkan kemarahan 1,5 miliar umat Islam di seluruh dunia.

Baca Juga : Saat Ini Momentum Tepat Membeli Emas, Simak Penjelasan Pakar

Di Ankara, Pengadilan Turki memerintahan penutupan situs Charlie Hebdo edisi Bahasa Turki yang memperlihatkan kartun Nabi Muhammad.

"Seluruh gambar, kartun, pernyataan, penulisan, dan publikasi, yang bertujuan menistakan Nabi Muhammad dan nilai-nilai agama harus ditutup," demikian perintah pengadilan seperti dikutip kantor berita Anadolu.

Baca Juga : Ramadan Bersama, PermataBank Berikan Beragam Keuntungan dan Kemudahan dalam Satu Genggaman

Tidak ada penjelasan apakah pemerintah Turki juga akan melarang masuknya cetakan edisi Khusus Charlie Hebdo. Jika itu terjadi, Muslim Turki dipastikan akan marah. (h/inl)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]