UPTD Kerajinan Berhasil Sumbangkan Rp76 Juta


Jumat, 16 Januari 2015 - 20:17:15 WIB
UPTD Kerajinan Berhasil Sumbangkan Rp76 Juta

Menurutnya, (UPTD) Ke­ra­­jinan Industri ini berada dibawah naungan Dinas Ko­perasi Perindustrian dan Per­dagangan (Koperindag) Kota Bukittinggi, yang didirikan pada 2009 lalu. Saat ini UPTD memberikan pelayanan jasa jahitan bordir menggunakan mesin komputer. Berbagai jenis dan bentuk bordir yang dilayani itu diantaranya, baju seragam perkantoran, sekolah dan perorangan.

Selain melayani jasa bordir mesin, UPTD yang berlokasi di jalan A Rivai ini juga men­jadi sebagai ajang promosi berbagai produk kerajinan daerah.

Baca Juga : Kembangkan Pertanian Sumbar, Bahlil Perintahkan Deputi Cari Investor

“Meski keberadaan lem­baga UPTD ini masih ter­bilang baru, namun UPTD ini sudah mulai cukup dikenal, terutama untuk level lokal,” ungkap Yusalman.

Menurutnya, orderan jasa yang kita terima tidak saja datang dari dalam kota, tapi orderan bordir menggunakan komputer ini juga datang dari daerah sekitar, seperti Pasa­man dan Solok. UPTD juga menerima jasa bordir lainnya seperti selendang, baju kurung, baju koko, jilbab, sprei, taplak meja dan tas. Melalui pela­yanan jasa itu, UPTD telah memberikan kontribusinya PAD Kota Bukittinggi dalam bentuk retribusi.

Yusalman menambahkan, UPTD juga melayani pem­buatan disain bordir bagi para perajin dan masyarakat Kota Bukittinggi dengan meng­gu­nakan perangkat teknologi informasi. Bagi para pengrajin warga yang belum memiliki keterampilan di bidang bordir maupun keterampilan men­desai maka UPTD  siap mem­bantunya, sehingga mereka bisa nantinya mengerjakan proses bordir selanjutnya di­rumah.

“Kami juga menyeleng­garakan perlatihan bordir bagi masyarakat seperti pada 2014 lalu digelar beberapa pelatihan bagi perajin dan magang. Bah­kan, UPTD kerajinan Industri Koperindag ini juga menjadi pusat studi bagi kelompok masyarakat dari luar daerah. Karena itu di UPTD ini di­pajang aneka produk bordir kerancang yang merupakan salah satu kompetensi kera­jinan kotawisata,” ungkapnya. (h/tot)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]