2.500 Proposal Bansos Dinsos Gagal Dicairkan


Jumat, 16 Januari 2015 - 20:22:40 WIB
2.500 Proposal Bansos Dinsos Gagal Dicairkan

Jumlah itu merupakan semua proposal yang sudah diverifikasi by name by adress sesuai dengan Kepmendagri 39/2012  dan nomor 32/2012. Bahkan, hingga kemaren ma­sih ada masyarakat yang me­ngajukan proposal untuk men­dapatkan bantuan ke Dinsos Sumbar.

Baca Juga : Hari Pertama Kerja Usai Lebaran, Pemko Padang Sidak Kehadiran ASN

Kepala Dinsos Sumbar Abdul Gafar mengatakan, apa­bila Bansos benar dihapuskan pemerintah pusat, maka 2.500 proposal Bansos yang masuk ke Dinas Sosial tidak bisa ditindak lanjuti.

Ditambahkannya, secara keseluruhan di Dinsos Sumbar ada Rp17 miliar bantuan hi­bah dan bantuan sosial dialo­kasikan. Jumlah itu teruntuk bagi membantu masalah sosial di Sumbar. Seperti bantuan beras untuk panti swasta, usaha ekonomi produktif (UEP), bantuan untuk lanjut usia (lan­sia) dan penyandang cacat.

Baca Juga : Libur Lebaran Usai, Dinkes Kota Padang: Masyarakat Harus Lakukan Tes Swab

“Harapan kita,  bantuan untuk beras tidak dialihkan, karena beras jelas sudah dike­lola oleh lembaga. Semoga ini menjadi pertimbangan peme­rintah pusat, karena pada evaluasi kemaren Tim Angga­ran Pemerintah Daerah (TA­PD) masih mengusulkan,” ungkap.

Selain itu, penghapusan Bansos ini juga akan ber­dampak kepada 127 panti sosial yang dikelola masya­rakat terancam tidak men­dapatkan bantuan beras pada 2015. Karena anggaran penga­daan beras Rp4,5 miliar di­alokasikan Pemprov Sumbar termasuk dalam yang di­evaluasi Kemendagri.

Lebih lanjut dijelaskan Abdul Gafar,  selama ini Pemprov Sumbar selalu mem­berikan bantuan bagi anak-anak panti asuhan yang dikelola oleh masyarakat, baik dalam bentuk yayasan maupun lem­baga. Bantuan tersebut seba­nyak 1/2 kg setiap anak per bulan. “Untuk 8 UPTD Panti Sosial yang dikelola khusus Pemprov Sumbar tidak ada masalah,” ujarnya.

Dikatakannya, jika nanti anggaran bantuan hibah dan Bansos tersebut benar-benar tidak dapat dipertimbangkan lagi. Abdul Gafar berharap masyarakat untuk aktif membantu masyarakat yang mengalami masalah sosial.

“ Masyarakat harus lebih aktif ikut membantu, karena peran serta masyarakat sangat penting,” tutupnya. (h/mg-isr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]