Disperindagtamben Kewalahan


Jumat, 16 Januari 2015 - 20:24:54 WIB
Disperindagtamben Kewalahan

Tidak hanya itu, pihak Disperindagtamben juga tidak bisa mengawasi siapa saja masyarakat yang membeli LPG 3 Kg, apakah masyarakat bia­sa yang membeli atau pe­milik rumah makan. Karena, terkenda dengan aturan bahwa pengawasan pembelian juga tidak serta merta sampai kesitu.

Baca Juga : Hadiri Wirid di Perumda AM Padang, Hendri Septa Ajak Tingkatkan Kepedulian

“Bagaimana kita mau me­nga­wasi sampai sejauh itu, anggota kita juga sedikit. Saat ini menjadi konsumen cerdas sangat dibutuhkan. Jika ada harga murah dan harga mahal, pasti memilih harga yang mu­rah. Karena itu perlu jadi konsumen cerdas,” ucap Dian.

Zal (40), salah seorang pedagang gas LPG di kawasan Lapai, Padang, mengaku, per­mintaan gas LPG 3 Kg naik mencapai 25-30 tabung per harinya. Sebelum harga gas LPG 12 kg naik, permintaan hanya 15-20 tabung per hari.

Baca Juga : Pemko Padang Gelar Bimtek PPRG Tahun 2021

“Karena kenaikan ini, ter­kadang gas 3 Kg yang kami minta sering telat bahkan hanya sedikit yang kami da­pat,” ujarnya.

Meningkatnya permintaan gas 3 kg ini sangat beralasan. Konsumen bisa hemat sepa­ruhnya. Jika membeli gas LPG 12 kg bisa mencapai Rp165 per tabung, maka dengan meng­­gunakan gas 3 kg untuk takaran yang sama hanya Rp80 ribu. Hitungannya, harga gas 3 Kg per tabung Rp20 ribu dikalikan empat.

Baca Juga : Pandemi Belum Reda, Warga Padang Takut Berobat ke Puskesmas

PT Pertamina (Persero) memutuskan menaikkan harga LPG 12 kilogram sebesar Rp 1.500 per kg sejak tanggal 2 Januari 2015 lalu. De­ngan demikian, harga LPG non­subsidi ini naik Rp 18 ribu per tabung. Di Kota Pa­dang,  harga gas LPG di tingkat agen saat ini Rp140 ribu. Sementara di tingkat pengecer mencapai Rp165 ribu per tabung.

Marketing PT Teten yang ada di Jalan Diponegoro no­mor 17 B4 Padang Gazali Cristine yang diwa­wan­ca­rai Haluan, Jumat (16/1) menga­takan,  jika diantar lang­sung ke konsumen harga per tabung gas LPG 12 Kg ini menjadi Rp145 ribu. (h/ows)

Baca Juga : Jumlah Penerima BST di Padang Berkurang 2 Ribu KPM

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]