Harga BBM Naik-Turun Rawan Permainan


Jumat, 16 Januari 2015 - 20:33:46 WIB
Harga BBM Naik-Turun Rawan Permainan

Jokowi mengumumkan penurunan harga BBM di komplek Istana Negara, Jakarta, Jumat (16/1). Saat pengumuman Jokowi didampingi Menteri BUMN Rini Soemarno, Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri ESDM Sudirman Said, dan Sekretaris Kabinet (Seskab) Andi Widjajanto. Harga baru ini mulai berlaku pada Senin (19/1/2015) pukul 00.00.

Baca Juga : Habib Rizieq Dituntut 2 Tahun Penjara terkait Kasus Kerumunan Petamburan

Harga premium dan solar kini memang naik-turun setelah pemerintah merombak kebijakan subsidi BBM. Premium sudah tidak lagi disubsidi sehingga harganya mengikuti mekanisme pasar. Sedangkan solar masih diberi subsidi tetap Rp 1.000/liter.

Setelah harga premium dan solar dinaikkan per 18 November 2014, sempat terjadi penurunan kembali 1 Januari 2015, menyusul adanya keputusan dari pemerintahan Jokowi-JK harga BBM disesuaikan dengan harga minyak di pasar dunia.

Baca Juga : Terima Laporan 134 ASN Nekat Mudik, Tjahjo Kumolo: Jatuhkan Hukuman Displin!

Meski harga BBM telah diturunkan per 1 Januari 2015 dan per 19 Januari 2015, namun penurunan tersebut tidak mampu menyeret kembali harga-harga berbagai barang yang telah naik pascakenaikan harga BBM.

Harga beras, ongkos angkutan, kontrakan rumah, nasi bungkus dan berbagai  barang kebutuhan sudah naik, dan rasanya sangat sulit akan turun lagi.

Untuk tarif angkutan di Sumbar, Ketua Organda Sumbar Budi Syukur sudah tegas-tegas menyatakan tidak akan menurunkan lagi tarif angkutan.

Alasannya, karena dampak kenaikan  harga BBM per 18 November 2014 lalu, semua harga barang sudah naik, termasuk biaya operasional dan harga onderdil mobil.

Kenaikan harga-harga berbagai barang kebutuhan semakin terkatrol menyusul sempat naiknya harga gas elpiji dan tarif dasar listrik PLN. Meskipun harga BBM dan gas elpiji turun serta Tarif Dasar Listrik (TDL) batal naik, namun harga-harga berbagai barang kebutuhan  sudah naik gila-gilaan, tak bisa lagi diturunkan. Karena begitulah hukum pasar dan perdagangan.

Harga BBM yang naik-turun dalam waktu singkat tidak tepat diberlakukan di Indonesia. Terkecuali jika luas wilayah Indonesia sama dengan Singapura dan Negara kecil lainnya di belahan Eropa dan lain sebagainya.

Ada daerah yang baru dicapai BBM dengan harga baru hingga menelan waktu satu Minggu setelah harga baru ditetapkan. Rumit untuk memenuhi pelayanan dalam waktu singkat Sabang sampai Merauke dan dari Miagas sampai Pulau Rote, Dengan luas 1.919.440 km²

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Pada tahun 2002 berdasarkan hasil kajian citra satelit menyatakan bahwa jumlah pulau di Indonesia adalah sebanyak 18.306 buah.

Data Departemen Dalam Negeri berdasarkan laporan dari para gubernur dan bupati/wali kota, pada tahun 2004 menyatakan bahwa 7.870 pulau yang bernama, sedangkan 9.634 pulau tak bernama. Dari sekian banyaknya pulau-pulau di Indonesia, yang berpenghuni hanya sekitar 6.000 pulau. **

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]