BI Perkirakan, PE Kuartal IV 4,9%


Ahad, 18 Januari 2015 - 19:10:52 WIB

”Pemerintah banyak melakukan penghematan pada tahun 2014,” ujar Juda pekan lalu. Inilah yang kemudian menjadi penyebab ekonomi Indonesia belum bisa terdongkrak naik pada akhir tahun 2014.

Padahal, bila melihat tahun-tahun sebelumnya ekonomi Indonesia pada triwulan IV seringkali lebih tinggi dibanding triwulan sebelumnya lantaran serapan belanja pemerintah yang melonjak pada akhir tahun. Misalnya pada tahun 2013. Pertumbuhan ekonomi pada triwulan IV 2013 sebesar 5,72%, naik dari posisi pertumbuhan triwulan sebelumnya yang sebesar 5,01%.

Serapan belanja pemerintah pada triwulan IV 2013 tercatat tumbuh 6,45%. Laju pertumbuhan yang berasal dari belanja pemerintah ini meningkat dibanding serapan belanja pemerintah pada triwulan III yang sebesar 4,37%.

Sekedar mengingatkan, pada tahun 2014 pemerintah melakukan sejumlah penghematan anggaran. Penghematan anggaran terjadi pada biaya perjalan dinas, rapat, dan konsinyering dengan nominal mencapai Rp 1 triliun. Pemerintah pun melakukan penghentian realisasi belanja modal apabila hingga akhir Oktober 2014 kementerian/lembaga belum juga melakukan persiapan realisasi proyek.   (h/trn)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM