Batu Akik Sumbar Incaran di Rawabening


Ahad, 18 Januari 2015 - 19:31:13 WIB
Batu Akik Sumbar Incaran di Rawabening

Hal itu dikatakan oleh Andika 41 tahun, salah satu pedagang batu akik yang ditemui Haluan di te­ngah­­nya riuhnya Pasar Rawabening, Seberang Area Stasiun Jati­ne­ga­ra, Sabtu (18/1).

Baca Juga : Politik dan Etika Berkelindan dalam Pengisian Jabatan Wawako Padang

“Mereka para pemburu batu akik sangat suka mengkoleksi batu akik dari Sumbar. Seperti batu lumuik sungai dareh yang sangat familiar di telinga mereka. Selain itu, juga ada batu lumuik suliki, batu cimpago biru, batu kalimaya Gunung Rajo dan lain sebagainya,”terangnya pedagang asal Padang ini.

Menurut Andika, batu akik lu­muik sungai dareh masih primadona di pusat batu akik nusantara ini. Karena kepopulerannya mengalah­kan batu akik lainnya di Sumbar. Berbagai mustika batu antik dari Sumbar telah lengkap berada di Jakarta Gems Center (JGC) yang merupakan pusat penjualan batu akik Nusantara yang berlantai em­pat, Pasar Rawabening, Jatinegara.

Baca Juga : Jangan Terlalu Bersedih Jika Kamu Dihinakan

”Semua koleksi batu akik nusan­tara ada di JGC ini. Harganya pun bermacam-macam. Semakin tinggi kualitas batu dan langkanya batu tersebut, maka harganya semakin mahal. Semakin   bagus bentuk dan warnanya dari waktu ke waktu, maka harganya pun melonjak naik,” jelasnya.

Sementara itu, Burhanuddin (32 tahun) kepada Haluan di Jakarta Gems Center (JGC) menyatakan, batu akik Sumbar yang paling di­incar di Pasar Rawabening ini adalah batu lumut Sungai Dareh. Karena merupakan salah satu batu yang telah teruji berkualitas, Apalagi setelah dipopulerkan sampai men­dunia. Karena telah dipakai oleh presiden Amerika Serikat, Barack Obama dan mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, yang diikuti oleh para pejabat nasional lainnya.

Baca Juga : Mengapa Isu Presiden 3 Periode Kembali Berhembus?

Dikatakannya, batu lumuik Su­ngai Dareh merupakan batu Idocrase Bio Solar yang memiliki kilauan corak yang ada dalam batu tersebut, dengan peredaran cahaya yang di­pantul­kan. Batu tersebut hampir sama dengan jenisnya batu giok lumut Aceh, yang pernah me­me­nang­kan kontes batu alam beberapa waktu lalu.

“Selain batu lumut Sungai Dareh masih banyak batu yang lain juga diincar oleh kolektor/ pecinta batu nusantara.  Seperti batu bacan, batu akik lavender, batu akik anggur, batu ruby dan lain sebagainya,” jelasnya.***

Baca Juga : Perang Inovasi dalam Era Disrupsi

 

Laporan :
DAPIT ALEXANDER

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]