Soal SPR, DPRD Panggil Pemko


Senin, 19 Januari 2015 - 19:49:22 WIB
Soal SPR, DPRD Panggil Pemko

Politisi Gerindra itu berharap Pemko Padang segera menyikapi temuan BPK itu, dan jangan berla­rut-larut diabaikan. Sebab, salah satu hak angket DPRD diantaranya, persoalan SPR. Menurutnya, ber­dasarkan, hasil pemeriksaan atas pelaksanaan perjanjian kerjasama BOT (Build Operate and Transfer) revitalisasi pertokoan Pasar Raya Barat Padang tahun 2005-2013 pada Pemerintah Kota Padang ada tiga temuan BPK, yakni  kelompok yang berkaitan dengan keuangan daerah, perpajakan dan perikatan perdata antara para pihak diluar Pemerintah Kota Padang.

Baca Juga : Danau Cimpago Padang Dipenuhi Sampah Kiriman

Temuan pemeriksaan yang ber­kaitan dengan keuangan daerah diantaranya, perjanjian kerjasama BOT revitalisasi pertokoan Pasar Raya Barat Padang belum mem­berikan kontribusi untuk pening­katan pendapatan daerah. Peme­rintah Kota Padang, dalam temuan tersebut kurang menerima pen­dapatan royalti sebesar Rp29,36 juta dan berpotensi kehilangan kesem­patan memperoleh penda­patan royalti minimal sebesar Rp144,77 juta per tahun atau seluruhnya sebesar Rp3,33 miliar.

Lalu, Pemerintah Kota Padang belum menerima royalti tahun 2008-2009 sebesar Rp54,71 juta dan royalti tahun 2013 sebesar USD77,178 sebagaimana disepakati dalam per­janjian kerjasama dan berikutnya PT CSR tidak mela­porkan penjualan dan penyewaan petak toko lantai 1 (FF) Gedung SPR, milik Pemerintah Kota Padang.

Baca Juga : Angka Pengangguran di Padang Naik jadi 60 Ribu Orang

Menanggapi ini, Sekda Kota Padang Nasir Ahmad, siap di­panggil DPRD Kota Padang soal temuan LHP BPK terkait masalah keuangan dan pembangunan SPR pasca gem­pa. “Kami atas nama Pemko Pa­dang, siap memenuhi panggilan DPRD. Dan, akan men­jelaskan persoalan yang sebenarnya terjadi,” katanya.

Bahkan, katanya tidak perlu melakukan persiapan. Karena, pemang­gilan oleh DPRD ke Pemko Padang merupakan hal yang biasa.  “Kami atas nama Pemko Padang, siap memenuhi panggilan DPRD. Dan, akan menjelaskan persoalan yang sebenarnya terjadi,” katanya. (h/ade)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]