Memanfaatkan Pekarangan Sempit


Selasa, 20 Januari 2015 - 19:05:59 WIB
Memanfaatkan Pekarangan Sempit

Tetapi, jangan jadikan sem­pitnya lahan sebagai alasan untuk tidak berkreasi mem­buat hunian kita cantik dan asri. Memanfaatkn pot gantung atau rak tanaman adalah salah satu caranya. Asal tahu saja, jenis tanaman yang cantik untuk ditanam di pot gantung bukan hanya Lily Paris atau sirih-sirihan saja.

Baca Juga : Selama Ramadan dan Idulfitri 1442 Hijriah, Trafik Layanan Data Telkomsel Naik Hingga 49%

Selain dua tanaman di atas, masih banyak jenis tanaman lain yang sangat pas dijadikan tanaman gantung. Kebanyakan memang jenis daun-daunan, semisal sirih gading, lipstick, begonia, dan keladi. “Ada dua jenis tanaman gantung, yaitu yang suka matahari dan tidak suka matahari. Biasanya yang tak suka matahari disimpan di teras, karena kalau kena panas banyak yang meranggas dan perlu ‘diservis’ kembali,” Umum­nya, keindahan tana­man gantung terlihat ketika tanaman sudah menjuntai ke bawah. Setelah memutuskan jenis tanaman yang pas untuk digantung, urusan selanjutnya adalah seputar pemilihan pot. Ada banyak jenis pot gantung yang bisa dipilih. Dari yang terbuat dari tanah liat, plastik, maupun alumunium yang le­bih kuat dan anti pecah.

Begitu pula dengan ben­tuknya. Bahkan banyak yang sudah dilengkapi wadah air di bawahnya, untuk mencegah air merembes ke mana-mana. “Pot dengan wadah penadah air di bagian bawah ini praktis, karena air yang tergenang tak perlu dibuang, karena lama-lama akan habis sendiri. Air tersebut sekaligus menjaga kelembapan tanaman.”

Baca Juga : Wajib Tahu, Saat Ekor Kucing Mendadak Mengembang Artinya Begini

Pot gantung biasanya dijual lengkap dengan tali peng­gantung­nya. Tinggal cari lokasi yang pas. Terserah pilihan Anda, akan digantung di tiang pergola atau pagar rumah. Sebagai pelengkap, bisa juga mencoba memakai pot tempel yang dipasang di dinding-dinding teras rumah.

Tak beda dengan jenis tana­man lain, tanaman-tanaman gantung ini juga perlu pera­watan. Jamaknya, tanaman-tanaman ini perlu disiram dua kali sehari. Jangan lupa diberi juga pupuk NPK, dengan kom­posisi tergantung kondisi tanah setempat serta jenis tanaman.

Jika tak ingin memasang pot gantung, tanaman-tana­man menjuntai dan merambat ini bisa ditanam di pot yang kemudian disusun di rak plas­tik, kayu, atau besi tempa. Hanya saja rak-rak ini memang memerlukan tempat yang lebih luas dibandingkan jika digan­tung. Untuk menyiasatinya, pilih rak yang tak terlalu besar. Alhasil, halaman mungil An­da bisa terlihat hijau dan asri.

Jika tanaman gantung sirih-sirihan Anda sudah rim­bun, jangan bingung. Potong saja beberapa tangkainya, lalu tancapkan kembali ke pot lain. Dijamin, tak lama kemudian batang tersebut akan tumbuh.

Pada umumnya pot-pot gantung tak memerlukan pera­watan khusus. Untuk mem­bersihkannya, cukup meng­guna­kan kain lap yang sudah dibasahi. Lap permukaan pot yang biasa­nya muncul noda-noda putih akibat kebanyakan terkena air.

Kalau tak ada pot, ember bekas pun bisa dimanfaatkan sebagaii pot gantung. Jangan lupa memberi lubang di bagian bawah, agar air yang masuk bisa keluar dan tidak mematikan tanaman. (h/jdt)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]