Prestasi Unand Membanggakan Sumbar


Selasa, 20 Januari 2015 - 19:29:35 WIB
Prestasi Unand Membanggakan Sumbar

Dari segi penelitian, Unand juga telah masuk klaster Mandiri yaitu klaster tertinggi yang ditetapkan Dirjen Dikti Kemendikbud RI tahun 2014. Produktivitas karya ilmiah dosen Unand juga mengalami peningkatan yang luar biasa. Sebelum tahun 2014, karya ilmiah dosen Unand di jurnal internasional belum banyak yang terindeks scopus. Sampai akhir tahun 2014, karya dosen Unand yang terindeks scopus sudah menduduki urutan ke-12 di Indonesia.

Baca Juga : Kolaborasi dengan HR Academy dan Kemenkop UKM, YES Preneur Gelora Resmikan Program 'GEBER UMKM' 

Di Sumatera hanya Unand dan Unsyiah yang mempunyai indeks scopus yang diperhitungkan Dirjen Dikti. Mahasiswa Unand juga tidak kalah memacu diri dalam meningkatkan reputasi Unand di gelanggang nasional. Untuk tahun 2015 mahasiswa Unand, meraih jumlah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tertinggi di luar Jawa yang dibiayai Dikti. Ini juga prestasi tertinggi yang dicapai mahasiswa sepanjang sejarah Unand.

Terakhir pada tanggal 16 Januari 2015, Unand dinyatakan masuk lima perguruan tinggi terbaik versi UI Green Metric World Class University.  Universitas Indonesia menduduki peringkat pertama dan peringkat 61 dunia dengan skor 6,417.23. Institut Pertanian Bogor menduduki peringkat kedua dan peringkat 69 dunia  dengan skor 6,363. Universitas Negeri Semarang menduduki peringkat ketiga dan peringkat 73 dunia  dengan skor 6,338.86. Universitas Andalas menduduki peringkat keempat dan peringkat 88 dunia dengan skor 6,196.15 dan Universitas Diponegoro menduduki peringkat kelima dan peringkat 90 dunia dengan skor 6,171.63.

Baca Juga : Termasuk Bupati Novi Rahman Hidayat, KPK Tangkap 10 Orang dalam OTT di Nganjuk

Untuk peringkat pertama di dunia ditempati University Of Nottingham, Inggris (skor 7,803.07) menjadi kampus hijau terbaik di dunia, diikuti University College Cork National University Of Ireland, Irlandia (skor 7,553.14) pada peringkat kedua dan peringkat ketiga diraih oleh Nottingham Trent University, Inggris  (skor 7,529.50).

UI GreenMetric Ranking merupakan inovasi UI dalam pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen pada pengembangan infrastruktur yang ber­kelanjutan, pendidikan dan penelitian lingkungan dan berkelanjutan.Indikator pencapaian yang dievaluasi UI GreenMetric dapat dimanfaatkan untuk peningkatan kualitas lingkungan dan pemicu munculnya upaya penghematan energi.

Rektor Unand, Prof Dr Werry Darta Taifur, SE MA, mengatakan semua prestasi yang dicapai di tingkat nasional dan internasional merupakan kerja keras semua pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, tenaga harian dan mahasiswa Unand. Prestasi Unand yang amat membanggakan tersebut juga merupakan dukungan dan partisipasi alumni, mitra kerja, pemerintah provinsi dan pemerintah daerah.

Semakin meningkatnya prestasi dan kualitas Unand dari tahun ke tahun, tentu membawa harapan dan manfaat yang sangat besar bagi masyarakat Sumbar, terutama bagi generasi muda yang akan menimba ilmu di perguruan tinggi. Generasi muda yang akan menimba ilmu di perguruan tinggi, tidak perlu lagi susah-susah mencari perguruan tinggi berkualitas atau bermutu baik jauh-jauh ke Pulau Jawa, seperti UI, ITB, IPB atau pun ke luar negeri. Cukup ke Unand. Dengan begitu akan lebih banyak lagi generasi muda Sumbar yang memiliki kesempatan kuliah, baik dari keluarga mapan dan menengah ke bawah. Jika bisa lokasi kampus lebih dekat, tentu biaya juga bisa lebih irit.

Harapan kita, setelah menuai sederet prestasi, acivitas akademika Unand jangan hanya puas sampai di situ saja, tapi raihlah prestasi-prestasi lainnya, sehingga ke depan lulusannya menjadikan bidikan utama di lapangan pekerjaan, baik sektor swasta, maupun pemerintahan. Ikatan Alumni Unand juga mesti turut berperan, memberikan peluang dan kesempatan kerja, sesuai dengan  ilmu dan skil yang para alumni. **

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]