Pilkada Tetap Dilakukan Secara Langsung


Selasa, 20 Januari 2015 - 19:39:05 WIB
Pilkada Tetap Dilakukan Secara Langsung

“Apakah saudara-saudara dapat menyetujui Perppu No 1 tentang Pilkada dan Perppu No 2 tentang Pemda menjadi UU?,” tanya Agus Hermanto kepada anggota Dewan dan dijawab dengan kata setuju. Dengan jawaban kata setuju tersebut Agus Hermanto lang­sung mengetok palu menandai disahkannya kedua Perppu tersebut menjadi UU.

Baca Juga : Partai Golkar Satu Suara Usung Airlangga Hartarto Jadi Capres

Ketua Komisi II Rambe Kamarul Zaman saat menyam­paikan laporan hasil pem­bahasan kedua Perppu me­ngtakan bahwa seluruh Frak­si menyetujui kedua Perppu un­tuk segera disahkan menjadi undang-undang karena DPR hanya menerima atau menolak Perppu tersebut. “Proses pem­bahasan Perppu No.1/2014 dan Perppu No.2/2014 dilakukan de­ngan cermat dan hati-hati,” kata Rambe.

Namun menurut Rambe, Perppu tersebut perlu dilakukan revisi peruba­han  atas UU Pilkada dan Pemda dari Perppu, melalui proleg­nas. “DPR berharap pemerintah segera mengun­dangkan Perppu agar perbaikan-perbaikan segera diba­has,” katanya.

Baca Juga : Perkuat Infrastruktur Digitalisasi Partai, Anis Matta Resmikan Gelora Media Centre

Jika tidak direvisi, dikhawatirkan UU yang dihasilkan Perppu tidak bisa berjalan secara maksimal. “Kalau tidak direvisi, undang-undang itu nanti tidak bisa berjalan sempurna,” kata Rambe.

Hal yang menjadi masalah saat ini menurut Rambe, berapa lama waktu yang dibutuhkan bagi DPR untuk merevisi UU tersebut. Dia berharap revisi bisa selesai secepat mungkin sehingga tidak menganggu tahap pelaksanaan pilkada. “Hampir semua fraksi sepakat kita selesaikan pada masa sidang ini,” ucapnya

Sedangkan Agus Hermanto me­nga­takan Perppu No 1 tentang Pilkada setelah disetujui menjadi undang-undang akan segera direvisi agar lebih sempurna pada saat diimple­menta­sikan. “ini juga me­rupakan kesepa­katan antara Komisi II DPR dan Pemerintah,” kata Agus Hermanto.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo saat menyampaikan sam­butannya juga mengatakan bahwa setelah Perppu Pilkada disetujuinya perlu dibicarakan lebih lanjut antara Pemerintah dan DPR untuk pem­bahasan lebih lanjut.

Tjahjo Kumolo juga menyadari masa persidang II DPR sangat pendek, namun ia optimis pemba­hasan terhadap revisi UU Pilkada tersebut dapat segera diselesaikan sebelum berakhir masa persidangan sekarang ini.

Dia juga optimis dengan diber­lakukan Pilkada tahun ini tidak mengganggu proses tahapan Pilkada serentak yang akan diselenggarakan di 204 daerah. “Pemerintah optimis dengan diberlakukannya Pilkada serentak pada 2015, tidak akan mengganggu proses tahapan pilkada yang dilakukan oleh KPU dan KPU daerah,” katanya. (h/sam)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]