Tanda Kulit Mengalami Stres


Rabu, 21 Januari 2015 - 19:02:38 WIB
Tanda Kulit Mengalami Stres

Saat seseorang dalam kea­daan penuh tekanan, hormon dalam tubuh pun bereaksi. Cortisol, diketahui sebagai hormon stres, merupakan sa­lah satu penyebab timbulnya masalah pada kulit saat meng­alami stres Sebagian besar dari lapisan kulit beregenerasi di malam hari, dan cortisol mem­perlambat perbaikan struktur kulit dan menghambat per­tum­buhan kolagen serta sel tubuh.

Baca Juga : Berikut 5 Tips Aman Berolahraga, Tubuh Tetap Bugar saat Puasa

Hormon cortisol akan me­re­da jika pikiran mulai tenang. Cobalah untuk menghalau stres dengan melakukan hal-hal yang menurut Anda me­nye­nangkan sehingga mampu menyegarkan pikiran, tubuh, dan kulit.

Tanda-Tanda Kulit Mengalami Stres

Baca Juga : Studi Ungkap Pola Makan tak Sehat dapat Pengaruhi Produktivitas Kerja

1 Mudah Berjerawat

Hormon yang bergejolak karena stres mampu memicu tumbuhnya jerawat. Produksi minyak pada kulit dapat menyumbat pori-pori, dan kulit yang menjadi lebih mudah terserang bakteri. Solusinya adalah rawat dengan produk yang mengandung asam sa­lisilat untuk membantu penge­lupasan, dan benzoil peroksida untuk membunuh bakteri dan gunakan pelembap non come­dogenic. Dan harus selalu diingat, jangan memencet jera­wat. Bubuhkan obat jerawat hanya pada bagian yang ber­masalah, jangan menggosok wajah dengan scrub. Kenakan masker wajah yang men­dingin­kan kulit.

Baca Juga : Twitter Jadi Media Sosial yang Paling Tinggi Sebar Ujaran Kebencian

2 Menjadi Kering

Tekanan pikiran dapat meng­a­kibatkan peredaran da­rah abnormal. Kadang-kadang mengalir terlalu sedikit atau terlalu banyak, sehingga kulit terlihat kering, pucat, atau  kemerahan. Hormon cortisol juga merusak kemampuan kulit menahan air, sehingga kulit menjadi kering. Solusinya adalah, gunakan produk yang hypoalergenic dan ber PH rendah

Baca Juga : Trik dan Tips dari Dokter Spesialis agar Kulit Sehat Selama Ramadan

3 Mendadak Sensitif

Dengan menurunnya sis­tem kekebalan tubuh, lapisan kulit epidermis yang mengan­dung pelembap alami meng­alami penghambatan. Sehing­ga kulit menjadi lebih rentan terhadap polusi, mudah alergi dan tidak tahan terhadap ba­han kimia tertentu dari pro­duk kosmetika. Solusinya ada­lah gunakan produk kecantikan khusus untuk kulit sensitif, dengan kandungan aloe vera maupun camomile

4 Lebih Berminyak Terutama Bagian Wajah

Stres menyebabkan pro­duksi hormon testosteron me­ningkat, menghasilkan minyak dalam kulit secara berlebihan. Solusinya adalah gunakan produk kecantikan yang tidak mengandung minyak dan hin­dari toner yang mengandung alkohol. Rajinlah mem­bersih­kan wajah dan selalu sediakan kertas penyerap minyak. So­lusi lain agar hormon tersa­lurkan dan peredaran darah lebih lancar adalah dengan mengolah tubuh.

5 Kusam

Regenerasi kulit yang tidak optimal membuat kulit terlihat kusam. Solusinya adalah laku­kan perawatan wajah yang lebih mendalam untuk meng­angkat sel kulit mati, gunakan sabun pembersih yang me­ngandung glicolic. Selalu per­hatikan asupan makanan dan minuman, biasakan untuk menggunakan krim malam, dan tambahkan suplemen un­tuk menutrisi kulit.

6 Timbul Kerutan Halus

Hormon cortisol meng­hambat kolagen dan mengikat protein yang dibutuhkan kulit, juga meningkatkan kadar gula dalam darah sehingga merusak kolagen di elastin, sehingga mempercepat timbulnya ke­rutan halus dipermukaan kulit. Solusinya gunakan krim wajah yang mengandung retinol dan antioksidan untuk memicu produksi kolagen. Jika kondisi sudah sangat mengganggu, segera konsultasikan dengan dokter ahli.   (h/fml)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]