Sebelum Mengajar, Guru Harus Paham Kurikulum


Rabu, 21 Januari 2015 - 19:04:10 WIB
Sebelum Mengajar, Guru Harus Paham Kurikulum

Panitia sengaja meng­hadir­kan Sucipto dari Jakarta guna membahas permasalahan Ku­ri­kulum 2006 dan 2013. Se­minar itu juga dihadiri Bupati Ali Mukhni dan Kepala Dinas Pendidikan Mulyadi.

Baca Juga : Sumarak Alek Nagari, Koarsa Laksanakan Sunatan Massal di Sungai Batang

Dia menjelaskan, tak ada yang keliru dalam penerapan kurikulum. Hanya saja, mung­kin ada guru yang belum mengerti. Oleh sebab itu, semua guru selain mengajar mesti terus belajar. Sebab, ilmu pengetahuan dan metode pendidikan bersifat dinamis dan selalu berkembang.

Mantan pengawas sekolah di Provinsi Lampung ini pun juga mengatakan, pengawas bukanlah hantu yang perlu ditakuti oleh para guru di sekolah melainkan mitra. Ke­da­tangan pengawas ke sekolah selayaknya dirindukan oleh guru untuk mendiskusikan permasalahan yang mereka hadapi.

Baca Juga : BMKG Maritim Teluk Bayur: Waspadai Angin Kencang dan Gelombang Hingga 4 Meter

“Intinya, pengawas itu se­ha­rusnya cerdas. Jika demi­kian, kedatangannya ke seko­lah takkan menyebabkan guru cemas,” ujar Suicipto asal Kudus, Jawa Tengah, ini.

Kepala SMA 1 2x11 Enam Lingkung, Dra Thaibah MM menyebutkan, selain seminar juga mengadakan lomba bi­dang studi Biologi antar SMA/MA se Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman, dan juga lomba bidang Matematika antar SMP/MTs se Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman.

“Untuk acara seminar ini, kami juga mengundang kepala sekolah SMA/MA se-Kabu­paten Padang Pariaman dan Kota Pariaman, dan ini bertu­juan untuk berbagi informasi tentang penerapan kurikulum 2006 dan 2013. Selain acara seminar, juga mengadakan lomba Bidang studi Biologi untuk siswa SMA/MA dan Lomba Bidang studi Matematika untuk siswa SMP/MTsN. Untuk Biologi diikuti 186 peserta dan Ma­tematika diikuti 101 peserta. Lomba akan kami lanjutkan Sabtu (24/1) depan untuk tahap semifinal dan final,” ujar Thaibah.

Sementara itu, Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni pun menyatakan dukungan penuh terhadap pelaksanaan seminar dan lomba ini. Untuk pemenang satu, dua dan tiga pada lomba Biologi dan Mate­matika ini akan diberikan hadiah khusus oleh bupati di samping hadiah yang dise­diakan pihak penyelenggara. “Saya sangat apresiasi terhadap lomba yang diadakan ini, dan ini akan menumbuhkan rasa cintanya terhadap bidang studi yang dilombakan. Kepada pemenang lomba, saya dan ibu penggerak PKK akan mem­berikan hadiah tabanas. Kalau acara lomba sudah selesai, tolong beritahu secepatnya,” ujar Bupati Ali Mukhni diha­dapan panitia. (h/bus)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]