KAN Diharapkan Mampu Tuntaskan Sengketa dalam Kaum


Rabu, 21 Januari 2015 - 19:04:45 WIB
KAN Diharapkan Mampu Tuntaskan Sengketa dalam Kaum

Hadir pada acara ini Ketua LKAAM Tanah Datar Irsal Veri Idrus Dt.Lelo Sampono bertserta pengurus, camat dan Muspika Pariangan, Wali Na­gari se-Kecamatan Pariangan, BPRN, ninik mamak, bundo kanduang dan undangan lain­nya.

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Covid-19 di Sumbar: Positif 156, Sembuh 106, dan Meninggal Dunia 5 Orang

Pengurus KAN Tabek yang dikukuhkan terdiri dari DR.­H.Arpinus Dt.Malano Basa M.Ag (ketua), Aspami Dt. Bagindo Nan Itam (wakil ke­tua), Drs.Ismal Dt.Palindi MM (sekretaris), H.Muspit Bahar Dt.Gamuak S.Ag (wakil sek­retaris) dan Jang Yuhel Su­pelmi Dt.Rajo Penghulu S.Pd (bendahara).

Kepengurusan ini dileng­kapi dengan urusan organisasi, urusan penyelesaian sako dan pusako, urusan pemberdayaan tanah ulayat/aset nagari, urusan pemuda, seni dan budaya anak nagari serta urusan pembinaan dan pengembangan adat.

Baca Juga : Mantan Wagub Sumbar Bangun Rumah Gadang Malintang Panai

Menurut Wabup Irdi­nan­syah Tarmizi, ninik mamak dalam nagari adalah orang yang dihormati “ditinggikan seranting dan didahulukan selangkah”. Keberadaannya dapat dijadikan contoh teladan bagi anak kemenakan dan masyarakat.

Pada kesempatan itu Wa­bup Irdinansyah menyam­pai­kan, dengan diberlakukannya UU No.6 Tahun 2014 tentang Desa, maka pada tahun 2015 akan dilaksanakan pemilihan wali nagari secara serentak di Tanah Datar. Tahun 2015 ada 42 wali nagari yang mengakhiri tugasnya.

Baca Juga : BMKG Sampaikan Kisaran Ketinggian Hilal Jelang Penetapan Ramadan, Sumbar 3,66 Derajat

Untuk pelaksanannya, pe­milihan wali nagari serentak tersebut menunggu Perda Pro­vinsi Sumbar dulu. Kalau terlambat maka akan ditunjuk Plt.Wali Nagari yang berasal dari PNS untuk menjaga net­ralitas.

Sementara itu Ketua LK­AAM Tanah Datar Irsal Veri Idrus Dt.Lelo Sampono men­jelaskan, tugas ninik mamak itu sangat berat karena saat ini dengan ke­majuan teknologi informasi anak kemenakan sudah banyak yang lari dari aturan adat yang telah di­gariskan semenjak nenek moyang dulu.(h/emz)

Baca Juga : Waspada! Gelombang Tinggi di Mentawai Bisa Mencapai 5 Meter

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]