Harga Bawang dan Cabai Naik


Rabu, 21 Januari 2015 - 19:05:51 WIB
Harga Bawang dan Cabai Naik

Dikatakan Agus,harga ca­bai saat ini sangat berfluktuasi. Setelah terjadi beberapa kali penurunan harga minggu kemarin, minggu ini harganya malah mulai lagi merangkak naik.

Baca Juga : Arab Saudi Tegaskan Belum Ada Instruksi Resmi tentang Haji Tahun Ini

Dalam sepekan kemarin, cabai terus mengalami penu­runan harga,mulai dari harga Rp70 ribu per kilogram turun menjadi Rp65.000 dan terus turun hingga mencapai harga Rp35.000 per kilogram. Hari ini mulai lagi naik dan sudah menembus angka Rp45.000.

Hal senada juga diungkapkan Yeni, pedagang bawang.Warga Banda Panduang Kelurahan Tanah Garam ini mengatakan,harga  bawang dalam sepekan ini terus menunjukkan pening­katan.

Baca Juga : 'Tsunami' Covid-19 India Makin Menggila, Anak Muda yang Meninggal Semakin Banyak

Peningkatan harga itu me­mang tidak terlalu mencolok, kenaikannya hanya seribu rupiah saja,akan tetapi naiknya hampir setiap tiga hari.

“Seminggu yang lalu harga bawang hanya Rp8. 000 per kilogram,kemudian naik lima ratus rupiah,kemudian naik lagi seribu rupiah,sekarang harganya sudah mencapai Rp14.000 per kg,” kata Yeni.

Sementara itu salah seo­rang pedagang grosir bawang di pasar sayur Kota Solok, Marjoni mengatakan,harga bawang di tingkat grosir saat ini Rp12.000 per kilogram dan sangat wajar kalau harganya ditingkat pengecer Rp14.000 per.ilogram.

Menurut Marjoni harga sayuran seperti bawang dan cabai ini masih berpeluang untuk naik. Karena berda­sarkan pengamatannya di pasar sayur, Selasa (20/1) pasokan kedua komoditi itu dari daerah sentra produksi­nya, seperti AlahanPanjang sudah mulai berkurang.

Berkurangnya pasokan ini, kata Marjoni,bisa saja disebabkan cuaca yang tak bersahabat.

Akhir akhir ini daerah penghasil sayur seperti  Alahan Panjang itu seringkali diselimuti kabut. Biasanya kabut ini sangat berpengaruh terhadap tanaman bawang.

“Kabut dapat merusak tanaman petani, umbi bawang akan membusuk bila terkena kabut dan petani kan mengalami gagal panen,”kata Marjoni. (h/eri)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]