TPID Gelar Inspeksi Pasar


Rabu, 21 Januari 2015 - 19:06:26 WIB
TPID Gelar Inspeksi Pasar

Inspeksi pasar dimulai dari Pasar Baru depan Bioskop Raya menjuju ke dalam Pasar inpres yang berujung kepada Balai Kota Lama. Kepala BI, Wakil Gubernur bersama tim bergerak menelusuri Pasar Raya dan memantau harga-harga pasar. Didampingi juga oleh Kepala Dinas Pasar, Hend­rizal Azhar beserta rom­bo­ngan.

Baca Juga : Arab Saudi Tegaskan Belum Ada Instruksi Resmi tentang Haji Tahun Ini

Diperkirakan satu minggu ke depan harga ini baru akan mengalami penurunan, jika tarif angkutan diturunkan.

Kepala Perwakilan BI, Puji Atmoko menjelaskan, turunn­nya harga minyak tidak bisa serta merta menurunkan harga kebutuhan pokok. Karena ada beberapa factor lain yang mem­pengaruhi turunnya harga komoditas pangan.

Baca Juga : 'Tsunami' Covid-19 India Makin Menggila, Anak Muda yang Meninggal Semakin Banyak

“Kita lihat di lapangan ada komoditi bahan pokok yang sudah menunjukkan penu­runan harga seperti cabe.Tapi analisa kita harga cabe turun bukan karena BBM. Lebih disebabkan pasokan cabe dari beberapa daerah di luar Sum­bar juga sudah mulai masuk kepasaran,” katanya.

Menuru Puji Atmoko, bu­tuh waktu, setidaknya di awal Februari harga komoditi bahan pokok sudah mulai ke kondisi normal. “Harga ben­sin, LPG 12 Kg kita yakini dapat mendorong turunnya harga bahan pokok, asalkan ada kebijakan yang cepat dari pemerintah berupa penurunan ongkos angkutan barang dan orang, serta jaminan keter­sediaan BBM di lapangan,” tegasnya.

Wakil Gubernur Sumbar, Muslim Kasim juga mene­gaskan,  “Yang  terpenting harga ini tidak bergerak naik, kita menunggu satu minggu ke depan. Kalau melihat kecen­derungannya harga bahan po­kok pasti turun, asalkan tariff angkutan barang diturunkan juga. Kita sudah dapat kepas­tian kok dari Organisasi Ang­kutan Darat (Organda), yang sepakat menurunkan tarif,” terang Muslim.

Berdasar data harga bahan pokok di Pasar Raya Padang, komoditi cabai merah yang mulai menunjukkan trend menurun. Cabai yang sebe­lumnya dibanderol dengan harga Rp39.000 per kg, turun menjadi Rp32.000 per kg. Sementara komoditi beras, gula pasir, minyak goreng, telur ayam ras, daging sapi, tepung, susu kaleng serta sayur-sayuran cenderung bertahan dengan harga yang sama. (h/mg-win/mg-isr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]