Memang Sedang Sulit Menang


Rabu, 21 Januari 2015 - 19:10:57 WIB
Memang Sedang Sulit Menang

Dikutip dari Infostrada, terakhir kali Chelsea tak ter­kalahkan di enam laga be­runtun lawan Liverpool adalah di tahun 1930-an, tepatnya rentang tahun 1935 hingga 1938.Kemenangan terakhir Liverpool atas Chelsea adalah terjadi di musim 2011/2012, yakni dengan skor 4-1 pada tanggal 8 Mei 2012.

Setelahnya Chelsea mampu meraih tiga kali menang dan tiga hasil imbang melawan Liverpool di seluruh kompetisi

Baca Juga : Comeback, Marc Marquez Juarai MotoGP Jerman

Liverpool memulai per­tan­dingan dengan tempo cepat dan beberapa kali mereka mampu melakukan penetrasi ke daerah pertahanan Chelsea. Namun John Terry dan Gary Cahill mampu mengatasi se­tiap serangan tuan rumah.

Peluang pertama Liverpool hadir di menit ke-16 ketika tembakan keras Steven Ger­rard dari jarak 30 yard menuju gawang, dan memaksa Thibaut Courtois men-tip nya.Semenit kemudian Chelsea langsung melakukan serangan yang be­ruju­ng hadiah penalti untuk mereka, menyusul pelang­garan Emre Can kepada Ha­zard. Penalti itu diambil Ha­zard dan mengubah skor jadi 1-0 untuk keunggulan Chelsea.

Babak kedua dimulai dan Liverpool kembali mengawali inisiatif melakukan serangan. Kombinasi Sterling, Philippe Coutinho, dan Lazar Markovic di lini depan menggempur terus backfour Chelsea. Hasil­nya didapat ketika laga me­masuki menit ke-59. Sterling melakukan solo run usai men­dapat bola dari Jordan Hen­der­s­on, menaklukkan Ne­ma­nja  Matic dan Obi Mikel un­tuk masuk ke kotak penalti, sebelum melepaskan tem­ba­kan terukur ke tiang jauh ga­wang Courtois. Skor sama kuat 1-1. Hingga pertandingan be­rahir kedudukan masih tetap 1-1.

Liverpool dicatatan BBC punya 62 persen penguasaan bola dengan total 19 tembakan dan enam di antaranya men­capai sasaran.Sementara itu The Blues cuma diberi dua kali kesempatan menembak dan hanya satu yang on target. Tapi satu-satunya tembakan tepat sasaran itu berujung gol penalti Eden Hazard di babak pertama

Manajer The Blues, Jose Mourinho, menyebut hasil itu adil merujuk pada performa kedua tim. Tapi tetap saja per­for­ma Chelsea di laga ini membuat Mourinho tak bisa men­yem­bunyikan rasa frustrasinya.

“Laga semifinal yang bagus dan hasil yang ada. Liverpool bermain baik tapi kami mam­pu mengontrol laga. Mungkin jika kualitas umpan kami se­dikit lebih baik, kami bisa mencetak gol lebih banyak. Kami tidak cukup efisien dalam proses transisi saat kami mendapatkan bola,” ujar Mou­rinho di Sky Sports.

“Thibaut (Courtois) be­be­rapa kali melakukan pen­ye­lamatan dan peluang Steven Gerrard menghantam tiang, dan aku rasa (Simon) sama sekali tidak bikin penye­lama­tanKami punya banyak ke­sem­patan, ruang untuk melakukan serangan balik tapi kualitas passing kami tidaklah bagus,” sambungnya.

Hasil imbang di leg per­tama semifinal Piala Liga Inggris boleh dibilang me­ngun­tungkan Chelsea di leg kedua. Namun, Jose Mourinho menampik status favorit pada timnya, mengingat Liverpool bakal ngotot lolos ke final.

“Aku tidak bilang bahwa kami kini adalah favorit. Yang aku ingin bilang sekarang adalah semifinal kini tinggal satu leg lagi. Kami harus me­nang dan Liverpool pun begitu, tapi laga digelar di Stamford Bridge.Beberapa orang me­ngang­gap Piala Liga Inggris bukan prioritas utama, tapi bagi klub besar seperti kami dan Liverpool sangat me­res­pek kompetisi seperti ini, dan itu bagus untuk sepakbola Inggris,” lanjutnya.

Penampilan Liverpool la­wan Chelsea di leg pertama semifinal Piala Liga Inggris sudah memuaskan Brendan Rodgers. Tapi sayangnya hasil akhir tak seperti yang d­iingin­kan manajer Irlandia Utara itu. “Saya puas dengan performa tim, tapi kecewa dengan ha­sil­nya. Kami sepantasnya men­jadi pemenang di laga itu. Kami menunjukkan karakter yang luar biasa. Beberapa kali permainan kami sangat impre­sif dan ini sempurna untuk leg kedua, karena mereka (Chel­sea) mungkin akan bermain sedikit lebih terbuka,” ujar Rodgers di BBC.

Performa Liverpool kian membaik dari pekan ke pekan. Hal ini bikin sang manajer, Brendan Rodgers, optimistis menatap leg kedua semifinal Piala Liga Inggris lawan Chel­sea di Stamford Bridge. “Anda bisa lihat sendiri bahwa tim ini kembali tampil agresif. Yang kurang cuma satu yakni harus­nya kami bisa cetak lebih dari satu gol. Anda tentu berpikir bahwa Chelsea akan bermain sedikit lebih terbuka di leg kedua dan itu akan membantu kami karena kecepatan serta kemampuan berinovasi dalam tim kami,” tutur Rodgers.

“Mereka punya rekor ba­gus di kandang tapi kami juga tidak kebobolan di tiga laga tandang terakhir kami. Kami tahu ini akan jadi laga yang sulit. Malam ini rasanya seperti laga yang sangat penting dan performa kami malam ini sangat bagus,” lanjutnya. (h/mg-san)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]