DPRD Bentuk Tim Bahas Bansos


Rabu, 21 Januari 2015 - 19:17:10 WIB
DPRD Bentuk Tim Bahas Bansos

Inti dari surat Gubernur, Irwan Prayitno tersebut di­minta­kan agar penyediaan hibah bansos berupa uang kepada badan, lembaga, ke­lom­pok, anggota masyarakat sama sekali tidak dibenarkan atau dilarang untuk diang­garkan, penyediaan anggaran berupa hibah barang dan jasa.

Baca Juga : Pemko Padang Siap Kawal Pesantren Ramadan dari Covid-19

Kemudian dana  anggaran untuk belanja bantuan ke­uangan kepada kabupaten dan kota, belanja sewa rumah, billboard, perjalanan dinas secara keseluruhan harus di­ku­rangi secara signifikan dan dirasionalkan, perjalanan ke luar negeri dalam bentuk par­tisi­pasi iven promosi pari­wisata daerah, nasional, dan internasional sama sekali tidak dibenarkan, termasuk juga belanja sewa dan alat kantor lainya.

“Untuk sementara tidak dilaksanakan, sambil me­nung­gu petunjuk lebih lanjut dari pusat dan dimintakan saudara menyikapinya dengan su­ng­guh-sungguh sesuai dengan arah kebijakan pemerintah,” tutur Sekwan DPRD Padang, Ali Basyar menirukan bahasa isi dari surat tersebut, Rabu (21/1).

Baca Juga : Sepekan Puasa, Harga Cabai Rawit Bergerak Turun di Padang

Ketua DPRD Kota Padang, Erisman membenarkan, jika surat edaran dari gubernur telah diterima dan saat ini belum ada penetapan ke­pu­tusan­nya. Ia mengatakan, ka­lau saat ini DPRD tengah menyadur informasi dari DP­RD se-Sumbar, termasuk ting­kat provinsi sendiri.

“Bicara secara keputusan belum dan saat ini masih mengikuti serta menggali in­for­masi dari rekan-rekan di DPRD se-Sumbar dan juga daerah lain. Ini akan segera kita tindaklanjuti, karena sa­ngat penting untuk ke­ber­langsungan masyarakat kecil,” katanya.

Baca Juga : Penertiban Balap Liar di Padang, Seorang Personel Polisi Ditabrak

Tidak hanya itu, besar ke­mung­kinan DPRD dalam ra­pat pimpinan nantinya akan membentuk tim dalam pem­bahasan peniadaan hibah ban­sos itu. Ia juga meminta dan berharap kepada masyarakat untuk bersabar dalam hal seperti ini.

Sebab, kebijakan tersebut berasal dari pusat dan rencana akan diperjuangkan secara bersama ditataran dewan, sem­bari menunggu surat edaran perubahan dari Mendagri ke gubernur dan kemudian di­kirim­kan ke masing kepala daerah kabupatan dan kota termasuk pimpinan DPRD se- Sumbar.

Baca Juga : Batang Arau Disiapkan untuk Berlabuhnya KRI Dewa Ruci pada Festival Jalur Rempah dan Pelayaran Muhibah Budaya Tahun 2021

Namun, beberapa hal yang tidak menyangkut dalam dela­pan poin yang telah dituliskan gubernur tetap berjalan, salah satunya soal pembangunan jalan, pendidikan, pem­bangu­nan masjid dan lainnya tetap berjalan. (h/ade)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]