DPRD Sumbar Konsentrasi Sukseskan Pilkada


Rabu, 21 Januari 2015 - 19:17:40 WIB
DPRD Sumbar Konsentrasi Sukseskan Pilkada

Hanya saja katanya, karena berbagai pertimbangan, mulai dari belum diketahui jadwal pasti pelak­sanaan pilkada, serta adanya permintaan evaluasi APBD Sum­bar oleh Kemen­dagri, untuk saat ini DPRD memutuskan untuk meng­gang­gar­kan sebesar Rp45 miliar dulu.

Baca Juga : Pemko Padang Gelar Bimtek PPRG Tahun 2021

Dikatakannya juga, dengan dimasukkan anggka Rp45 mi­liar untuk KPU ini, dana ters­ebut dini­lai cukup untuk melak­sana­kan kinerja  KPU hing­ga pem­bahasan APBD perubahan. “Ma­ka dari itu, se­ka­li la­g­i kita te­kan­kan KPU tak perlu ri­s­au. Se­hu­bungan de­ngan ini, APBD peru­ba­han di­lak­sa­na­­­kan  de­­­ngan cepat se­hing­ga ke­ku­ra­ngan ang­­garan KPU bisa ter­­tu­tupi,” ujar ang­gota dewan dari Frak­ si De­mokrat itu.

Arkadius juga menyam­pai­kan, dalam tataran sistem pe­ngang­garan dan penggunaan ang­garan, apabila ada kegiatan yang urgen yang tidak terang­garkan di APBD, pemerintah boleh mem­bayarkan terlebih dahulu dengan dana yang ada. “Cukup dibuat dulu la­po­ran­nya, kemudian dimasukkan di APBD peru­bahan. Oleh sebab itu, se­sung­guhnya tak ada masalah lagi terkait anggaran yang akan digu­nakan untuk pelaksanaan pil­kada ini,” tegas Arkadius.

Baca Juga : Pandemi Belum Reda, Warga Padang Takut Berobat ke Puskesmas

Lebih lanjut ia mengatakan, DPRD juga meminta kepada KPU agar sesegera mungkin menyiapkan program kegiatan yang akan dilaksanakan, serta berapa  total anggaran yang masih dibutuhkan untuk ditambah.

“KPU silahkan buat pro­gram kegiatan yang akan dilaku­kan, serta kekurangan anggaran yang masih dialami mulai dari seka­rang.  Jika itu sudah dilaku­kan, segera ajukan ke Pemerin­tah Provinsi Sum­bar, tembus­kan ke DPRD untuk kemudian kita masukkan dalam item APB­D perubahan,” pung­kas Arkadius. Sebelumnya, pada Selasa (201/1) lalu, Komisioner KPU Sum­bar, H Mufti Syafrie menga­takan Pemprov Sumbar dan DP­RD seolah setengah-setengah men­dukung pelak­sanaan pilka­da. “Buk­tinya, pemerintah hanya menggarkan Rp45 miliar saja. Anggaran sebanyak itu hanya cukup sampai Juni. Setelah Juni, KPU akan bekerja dengan apa,” katanya saat itu. (h/mg-len)

Baca Juga : Jumlah Penerima BST di Padang Berkurang 2 Ribu KPM

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]