Partai Politik Mulai ‘Grasak-grusuk’


Rabu, 21 Januari 2015 - 19:18:22 WIB
Partai Politik Mulai ‘Grasak-grusuk’

Selain persia­pan berbagai persyaratan me­nyang­kut administrasi, sejum­lah partai politik bahkan telah menyiapkan sosok figure yang akan diusung pada Pilkada nanti. Namun sebagian lainnya, justru masih tetap menunggu jadwal final yang akan dite­tapkan oleh KPU.

Baca Juga : Dinkes Kota Padang Sediakan Tempat Isolasi Guna Antisipasi Lonjakan Kasus Pasca Lebaran

Ketua DPD Hanura Sum­bar, Marlis menyampaikan keoptimisannya untuk bisa berperan aktif dan menca­lonkan seorang calon pada 26 Februari men­datang. Di inter­nal Hanura sendiri, iden­tifi­kasi calon sudah dilakukan, baik yang berasal dari kalangan eksternal, maupun internal partai.

“Kami siap untuk pen­daf­taran calon kepala daerah di 13 kabupaten/ kota, ditam­bah provinsi,” ucap Marlis, Rabu (21/1).  Mekanisme partai sudah ditempuh. Masing-masing De­wan Pimpinan Cabang (DPC) menjalin hubungan langsung dengan calon kepala daerah dan kemudian mengerucutkan men­ja­­di dua sampai tiga calon. Kemudian dikomunikasikan de­ngan DPD dan akhirnya berujung pada persetujuan DPP.

Baca Juga : Padang Aktifkan Kembali Kampung Nelayan untuk Tempat Karantina Covid-19

Tak hanya itu, komunikasi dengan partai koalisi sudah mulai final. “Kami tak memba­tasi daerah, silakan ber­koalisi dengan partai mana saja. Tidak mesti harus mengi­kuti koalisi seperti di pusat (KIH,red). DPP juga tidak me­merintahkan seper­ti itu. Kare­na kondisi setiap daerah ber­beda-beda,” urai anggota DP­RD Sumbar ini.

Dari kalangan internal Hanura, nama Marlis memang sudah digadang-gadang untuk maju sebagai kandidat bakal calon bupati Sijunjung. Bah­kan tidak hanya di Pilkada Sijun­jung, nama Marlis juga bukan tidak mungkin akan ikut mera­maikan Pilgub Sum­bar sebagai bakal calon wakil gubernur.

Sementara itu, Ketua DPD Golkar Sumbar Hendra Irwan Rahim mengatakan, hingga kini di DPP Golkar sendiri masih melihat langkah-lang­kah revisi yang dilakukan terhadap Perp­pu Pilkada, hing­ga nantinya UU Pilkada disahkan.

“DPP juga belum menen­tukan arahan terhadap pelak­sanaan Pilkada di 2014 daerah, termasuk Sumbar. Sementara untuk memutus siapa calon kepala daerah yang bakal ditunj­uk Golkar, mesti melal­ui DPP terlebih dahulu,” te­rang Hendra. Dari Golkar sendiri, selain nama Hendra Irwan Rahim yang disebut maju sebagai calon gubernur, juga ada nama Saidal Masfiyuddin bertarung untuk Pesisir Selatan, Yulfitni Djasiran yang punya hasrat di Limapuluh Kota.

Sementara Partai Gerin­dra Ka­bupa­ten Pasaman Ba­rat, menyatakan siap maju pada pemilihan bupati setempat yang diren­canakan serentak pada Desember 2015. “Saya tegaskan siap maju pada pe­milihan Bu­pati Pasaman Ba­rat. Namun demi­kian kami masih me­nung­gu petunjuk dari pusat,” kata Ketua DPC Partai Gerindra Pasaman Ba­rat, Syahiran, Rabu (21/1). Ia menegaskan pihaknya masih menunggu arahan Koa­lisi Merah Putih (KMP) kema­na akan berkoaliasi. Na­mun, Partai Gerindra Pasaman Ba­rat sudah siap maju pada Pil­kada. “Jika semuanya sudah beres maka kita siap mendaftar ke KPU pada 26 Fabruari nanti,” ujar anggota DPRD Provinsi Sumbar ini. (h/eni)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]