Merancang Liburan Keluarga


Kamis, 22 Januari 2015 - 19:16:13 WIB
Merancang Liburan Keluarga

Karena itu, perencanaan liburan yang matang dan dila­kukan secara ekonomis sangat membantu kita untuk dapat mewujudkan liburan yang menyenangkan.

Baca Juga : Dunia Games League 2021, Dorong Gamer Indonesia Tingkatkan Kemampuan

Berikut tips-tips yang dapat diterapkan dalam meren­cana­kan liburan keluarga secara ekonomis :

1. Tetapkan tujuan liburan sejak jauh hari.

Baca Juga : Khusus Pria! 5 Model Rambut Ini Bisa Bikin Ganteng Maksimal

Tujuan liburan sangat menentukan besarnya biaya yang perlu kita persiapkan. Sekedar berwisata di dalam kota tentu membutuhkan biaya yang berbeda dengan wisata ke luar kota atau pun ke luar negeri.

2.Buat detail rencana perjalanan.

Baca Juga : Ramadan jadi Momentum Penting bagi Perokok Aktif, Kok Bisa?

Tentukan berapa lama keluarga Anda akan berlibur, moda transportasi apa yang akan digunakan, di mana akan tinggal, tempat-tempat apa saja yang akan dikunjungi, apakah akan ikut rombongan tour ataukah merancang perjalanan sendiri.

3. Cari informasi trans­portasi dan penginapan.

Baca Juga : Jakarta Masuk dalam Daftar Kota Termahal Dunia, Ini Penyebabnya

Bila anda akan berlibur menggunakan pesawat ter­bang dan menginap di hotel, saat ini banyak sekali penawaran pe­ner­bangan murah, tempat pe­ngi­napan (hotel) yang menawarkan harga promosi ataupun paket-paket liburan dengan berbagai tingkat harga.

Umumnya, semakin awal Anda mencari informasi ini, Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Pilihlah tanggal liburan low season. Umumnya biaya tiket dan hotel 10% lebih murah ketim­bang saat high season.

Jangan ragu memban­ding­kan harga agen perjalanan dengan membeli langsung ke perusahaan penerbangan dan penginapan secara online. Masing-masing agen mengam­bil besaran fee yang berbeda. Bandingkan beberapa pilihan, dan kemudian tetapkan yang sesuai dengan budget Anda serta buat konfirmasi.

4. Cari informasi tempat dan harga makanan

Bila liburan Anda ini juga dimaksudkan untuk melaku­kan wisata kuliner khas daerah setempat, maka Anda perlu mencari informasi tempat dan harganya. Namun bila maka­nan tidak menjadi prioritas wisata Anda, maka Anda perlu mencari informasi kisaran harga makanan standar di sekitar tempat Anda mengi­nap nantinya atau sekitar daerah wisata Anda.

5. Cari informasi harga tiket tempat wisata.

Bila Anda akan me­ngunjungi tempat-tempat wisata di kota yang akan Anda kunjungi, maka informasi harga tiket masuk tempat-tempat wisata tersebut penting untuk diketahui untuk mem­perhitungkan budget yang dibu­tuhkan.

6. Belanja.

Setelah biaya utama disi­apkan, jangan lupa persiapkan biaya belanja. Ini adalah dana yang akan Anda dan keluarga pakai untuk itu tambahkan dana sebesar 15% untuk mem­persiapkan biaya jajan. Sebab selalu terjadi saat kita belanja kita atau anak ingin makanan dan minuman.

Sebaliknya ja­ngan campurkan uang makan dan jajan selama belanja ini dengan pos uang makan yang ditetapkan di atas tadi.

7. Oleh-oleh

Meskipun oleh-oleh tidak wajib sifatnya, namun ada baiknya Anda persiapkan juga pos pengeluaran untuk itu. Biasanya kita ingin mem­beri­kan oleh-oleh, yakni berupa aneka cenderamata atau maka­nan khas untuk teman atau kerabat terdekat. Namun ingat, lakukan pengeluaran ini dia­khir masa liburan. Jangan terpancaing untuk menge­luarkan di awal.

Kalau ternyata ada biaya lain di atas yang tidak cukup, tentu biaya oleh-oleh ini yang harus Anda pangkas.

Setelah semua informasi tersebut kita peroleh, kita sudah bisa membuat perkiraan anggaran yang diperlukan untuk liburan. Setelah itu, kita bisa menetapkan berapa dana yang harus kita sisihkan untuk membiayai liburan yang kita telah rencanakan. Sumber dana untuk berlibur dapat diambil dari bonus atau tunjangan liburan yang biasanya diperoleh setahun sekali atau dua kali. Bila anggaran cukup besar, maka Anda harus me­nyi­sihkannya dari penghasilan bulanan ke tabungan atau investasi.

Sebagai patokan, bila liburan direncanakan dalam jangka waktu kurang setahun, pilihannya adalah menabung. Kalau diatas setahun, investasi dalam bentuk reksadana merupakan salah satu solusi.

Sebisa mungkin hanya gu­na­kan kartu kredit saat da­rurat.

Jangan sampai Anda terjebak untuk membiayai liburan Anda menggunakan kartu kredit tanpa didukung oleh kemampuan membayar lunas saat jatuh tempo. (h/rcn)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]