Pemko Solok Adopsi PNPM Mandiri Perkotaan


Kamis, 22 Januari 2015 - 19:19:03 WIB
Pemko Solok Adopsi PNPM Mandiri Perkotaan

Lebih jauh Zul Elfian me­nga­takan, sejak dilaksana­kannya program PNPM MP di Kota Solok 2008 lalu sampai dengan tahun 2014, ternyata telah berhasil menciptakan 325 relawan di tingkat masya­rakat dan mereka tersebar di 13 kelurahan yang ada.

Baca Juga : Antisipasi Balap Liar, Polres Padang Panjang Sweeping Jalan

Kemudian juga berhasil membentuk kelembagaan ma­syarakat yang representatif sebagai motor penggerak yang akan melembagakan dan mem­budayakan kembali nilai-nilai kemanusiaan dan nilai-nilai kemasyarakatan sebagai wa­dah perjuangan warga miskin.

Lembaga yang disebut LKM itu secara mandiri dan berkelanjutan menggerakkan kelompok masyarakat yang masih terjebak dalam ling­karan kemiskinan. Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) itu saat ini sudah ada di setiap kelurahan.

Baca Juga : Terlibat Balap Liar, Polres Sijunjung Amankan 30 Sepeda Motor

Melalui kegiatan PNPM MP ini, Kota Solok telah berhasil melaksanakan pem­ba­ngunan dan perbaikan in­fras­truktur lingkungan pe­mu­kiman masyarakat miskin. Memberikan pelatihan dan beasiswa dalam rangka me­ningkatkan keterampilan dan pengetahuan masyarakat mis­kin.

PNPM MP juga berhasil meningkatkan usaha kecil masyarakat miskin melalui pinjaman bergulir. Saat ini sudah ada 129 KSM (Ke­lom­pok Swadaya Masaya­rakat) yang telah menikmati manfaat program ini, dengan total aset Rp 876.472.426.

Baca Juga : Dinas Pertanian Pangan Kota Pariaman Siapkan 20 Unit Paket Kolam Ikan untuk Kelompok Budidaya

Dikatakan Zul Elfian, saat ini sudah terbangun kemitraan antara LKM dengan pihak Pemko melalui SKPD terkait. LKM juga sudah dilibatkan dalam proses perencanaan pembangunan daerah melalui Musrenbang, baik di tingkat kelurahan, kecamatan maupun tingkat kota.

“Dengan tingginya apre­siasi masyarakat terhadap PNPM MP, maka dana untuk program ini perlu ditambah. Makanya perlu disiapkan dan direncanakan secara matang, termasuk regulasinya, agar program ini berhasil,” kata Zul Elfian.

Baca Juga : Stand Perindagkop dan UKM Kota Pariaman di SKA Pekanbaru Banjir Pengunjung

Ditambahkannya, dengan melalui lokakarya ini, akan dapat memberi kesadaran ke­pa­da peserta untuk mening­katkan kepedulian terhadap sesama, sesuai tujuan umum PNPM MP yaitu mening­kat­kan kesejahteraan dan kesem­patan kerja bagi masyarakat miskin secara mandiri.

Lokakarya review PNPM MP Kota Solok mengangkat tema “Dengan Menggalang Kemitraan dan Kepedulian Semua Pihak, Kita Dukung Keberlanjutan Program PN­PM Mandiri Perkotaan” ini juga dihadiri Kepala Satker Penataan Bangunan dan Ling­kungan (PBL) Provinsi Su­matera Barat, yang pada ke­sempatan itu diwakili oleh Ermen didampingi Pejabat Pembuat Komitmen P3M dan Team Leader Konsultan Mana­jemen Wilayah (KMW) Pro­vinsi Sumbar Afriadi.

Sementara peserta loka­karya terdiri dari LKM, Lurah dan Camat se-Kota Solok, SKPD terkait di lingkungan Pemerintah Kota Solok, dan stakeholder lainnya.(h/eri)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]