Pemko Sawahlunto Janji Akan Benahi Pasar


Kamis, 22 Januari 2015 - 19:24:59 WIB
Pemko Sawahlunto Janji Akan Benahi Pasar

“Insya Allah, awal Fe­b­ruari ini akan tender pem­bangunannya,” kata Wakil Walikota Sawahlunto, Ismed SH kepada Haluan disela peninjauannya ke Pasar Sa­wahlunto, Kamis (22/1).

Baca Juga : Perdagangan Miras, Pemkab Solsel Telah Melarang Secara Aturan

Dikatakannya, keluhan yang selama ini disampaikan oleh para pedagang tentu men­jadi perhatian bagi pemerintah kota dengan dilakukannya pembenahan, akan tetapi ke­terbatasan anggaran kemarin membuat kita belum bisa me­lak­sanakannya. “Awal Fe­bruari ini seluruh kegiatan pembenahan pasar akan segera kita lakukan,” tambah Wakil Walikota yang didampingi Sekretaris Dinas Perin­dag­kopnaker, Syafrizal dan Kabid Perdagangan, Agustav.

Sedangkan untuk lantai tiga tersebut, kata Ismet, akan dijadikan areal permainan anak dan berbagai jajanan kuliner.

Baca Juga : Sumbar Bakal Konsumsi Produk Organik Nutrisi Alami Laa Roiba

Ismed berharap, pemba­ngunan ini akan segera terlak­sana secepatnya sehingga para pedagang dapat berjualan de­ngan nyaman dan para pengun­jung pasar juga akan semakin tertarik untuk berbelanja ter­ma­suk para wisatawan yang berkunjung ke Kota Sa­wahlunto.

Terkait segeranya akan dibangun dan direlokasikan­nya para pedagang yang ber­jualan dilantai atas pasar Sa­wah­lunto itu mendapat sam­butan yang baik dari para pedagang yang ada. Salah sa­tunya Emi (51), pedagang kebutuhan harian.

Baca Juga : Selama Bertugas Jadi Gubernur Sumbar, Mahyeldi Tak Ingin ASN Pemprov Terlibat Kasus Hukum

“Kami semua mengu­cap­kan terima kasih  kepada peme­rintah kota, juga itu memang terlaksana,” harap Emi saat ditanya Haluan.

Emi menambahkan, se­men­jak ia dipindahkan dari pasar penampungan Kampung Teleng ke lantai atas pasar baru ini mulai bulan Juni 2014 lalu, omset penjualannya terus me­nurun. Jika biasanya dalam tiga hari ia biasa menjual cabe merah sampai 80 kilo, semen­jak dilantai atas ini untuk menghabiskan cabe 15 kilo pertiga harinya sangatlah sulit, ditambah dengan biaya angkat dagangan yang juga besar di­akibatkan letak jualannya yang jauh.

Baca Juga : Isi Galeri di Pekanbaru, Disperindag dan UKM Pariaman Siapkan 100 Kodi Mukena Tiap Bulan

Senada dengan itu, Yanti (47), yang sehari hari berjulan tahu dan tempe juga sangat mengeluhkan lokasi jualannya yang sepi akan pembeli. “Se­lain jauh dilantai tiga, lokasi ini juga becek akibat loteng yang bocor sehingga membuat pem­beli jadi malas berbelanja kesini,” bebernya.

Hal ini juga dibenarkan oleh Deni (36) pedagang lain­nya.  Bahkan ada pedagang sayur yang dalam sehari hari­nya tidak berjual beli. “Indak pacah talua samo sakali (tidak laku sama sekali),” ungkap Deni.

Ke depan, harap pedagang, Pemerintah Kota Sawahunto bisa lebih serius memper­hatikan nasib para pedagang serta serius membenahi pasar yang mulai rusak tersebut. “Jika tempatnya nyaman, tentu akan berdampak pada per­putaran ekonomi pedagang di Pasar Sawahlunto ini,” pungkas mereka. (h/mg-rki/hel)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]