Walikota Ajukan Perda Disabilitas


Kamis, 22 Januari 2015 - 19:29:54 WIB
Walikota Ajukan Perda Disabilitas

Oleh karena itu, pening­katan peran para penyandang disabilitas dalam pem­bangu­nan sangat penting mendapat perhatian dan didayagunakan sebagaimana mestinya.

Baca Juga : Sebanyak 2.500 Pedagang Pasar di Kota Padang Divaksinasi

Pemerintah memiliki tang­gung­jawab, dalam pen­yeleng­garaan pemenuhan hak-hak disabilitas secara sistematis, komprehensif, konsisten dan implementatif. ”Ini berarti, pemerintah dalam pelak­sana­an pembangunan baik fasilitas pemerintah dan fasilitas umum harus memperhatikan ke­butu­han para penyandang di­sa­bilitas, agar mereka dapat mengakses, merasakan dan menikmati hasil pem­bangu­nan,” katanya.

Berdasarkan hal tersebut, maka ranperda yang diajukan ini lebih menitikberatkan ke­pada penyelenggaraan dan upaya peningkatan ak­se­sibili­tas bagi penyandang disabili­tas. ”Sehingga, mereka tidak merasa termarjinalkan dalam pelaksanaan pembangunan baik yang dilakukan peme­rin­tah, BUMN, swasta serta ma­sya­rakat sendiri,” ujarnya.

Baca Juga : Hari Ini, Pedagang Pasar Raya Melakukan Vaksinasi

Ketua Persatuan Pen­yan­dang Disabilitas Indonesia (PPDI) Padang, Icun Suhaldi mengapresiasi pengajuan Ran­perda tersebut. “Akhirnya apa yang kami idam-idamkan di­wujud­kan,” kata Icun Suhaldi.

Ia mengemukakan, per­soalan yang selama ini mereka resahkan dan tidak pernah terealisasi. Tanpa perda ter­sebut, mereka tidak dapat melakukan apa-apa dan tidak dapat bersaing dengan orang lain pada umumnya.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Kamis 04 Maret 2021

“Kami sebenarnya bisa bersaing dengan orang-orang normal, namun kami masih saja dikucilkan, karena tidak ada acuan bagi kami untuk berpijak. Kami, sangat ber­harap kebijakan wakil rakyat terkait pemenuhan dan per­lindungan hak-hak bagi pen­yandang disabilitas,” katanya.

Menurutnya, daerah ini merupakan kawasan ke­ben­canaan, akan tetapi akses bagi kaum penyandang disabilitas tidak pernah terpenuhi. Di samping itu, dari segi pen­didikan, sosial dan ke­tenaga­kerjaan, mereka juga tidak mendapatkan selayaknya or­ang lain pada umumnya.

Baca Juga : Ini Tanggapan Hendri Septa soal Siapa Wakil Walikota yang Mendampinginya

“Kami berharap, semoga apa yang menjadi keluhan kami selama ini dapat ter­penuhi dan kami pun tidak lagi terkucilkan, sudah banyak karya yang dapat kami to­reh­kan. Akan tetapi, kami tetap saja dikecilkan,” pungkasnya. (h/ade)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]