Calon Perseorangan Berpeluang Menang


Kamis, 22 Januari 2015 - 19:34:43 WIB
Calon Perseorangan Berpeluang Menang

“Meski belum bisa disam­paikan kapan prose situ akan dibuka, namun kalau untuk calon kita memang punya kriteria dan persyaratan ter­sendiri,” ujar Josrizal Zain.

Baca Juga : Realisasi PAD Bapenda Kota Padang Capai Rp98 Miliar pada Triwulan I

Dikatakan, dari sejumlah persyaratan yang telah dite­tap­kan Partai Demokrat Sum­bar antara lain memiliki latar belakang dan track record yang jelas, memiliki kredibilitas dan elektabilitas yang tinggi di tengah-tengah masyarakat, serta mempunyai kemampuan yang tak dira­gukan dalam pertarungan nanti.

“Karena tujuan kita maju di Pilkada adalah untuk me­nang, maka sejumlah kriteria tadi memang merupakan per­sya­ratan mutlak yang harus dimiliki para calon,” tegasnya.

Baca Juga : Danau Cimpago Padang Dipenuhi Sampah Kiriman

Persyaratan itu tandas Josrizal, tidak hanya berlaku bagi kandidat yang berasal dari kalangan internal partai. Melainkan juga dari kalangan eksternal atau kandidat yang berasal dari luar partai. “Kita realistis saja, kalau yang dari luar lebih berkompeten, maka tidak menutup kemung­kinan mereka akan kita usung. Na­mun tetap saja, jika dari internal ada memenuhi syarat, kita prio­ritaskan yang dari dalam,” katanya.

Hampir senada, Ke­tua DPW PPP Sumbar Yu­l­fadri Nurdin juga mengatakan hal yang sama. Menurut Yulfadri, hingga sekarang partai berlam­bang kabah tersebut belum bisa mengiformasikan kapan akan mulai melakukan perekrutan kandidat bakal calon yang akan maju sebagai cagub/ cawagub dari PPP.

“Belum. Untuk jadwal be­lum bisa disampaikan seka­rang. Tapi, kalau  terkait dengan calon, yang pasti  kita dari PPP akan mengusung mereka yang bernilai jual,” kata Yulfadri.

Seharusnya Sudah Penetapan

Sementara itu pengamat politik Universitas Andalas Padang, Asrinaldi menya­takan, partai politik seharusnya sudah menentukan bakal calon kepa­la daerah yang bakal diusung dalam pemilihan kepala dae­rah (Pilkada) nanti.

“Jangan sampai hari tera­khir pendaftaran bakal calon oleh KPU, baru parpol daftar­kan bakal calonnya,” kata Asrinaldi.

Ia menjelaskan, sebenarnya parpol jauh-jauh hari sudah bisa menentukan bakal calon yang akan didukung, me­ng­ingat ada diantara parpol itu yang sudah melakukan pen­jaringan bakal calon, bahkan ada juga yang melakukannya dengan cara survei. Hingga saat ini, belum satupun diantara parpol itu yang secara terang-terangan menyebutkan nama bakal calon yang akan diusung.

“Bila saya amati, hal itu dilakukan parpol tidak lain karena belum jelasnya posisi Perppu saat itu, dan juga soal aturan pencalonan yang meng­haruskan parpol di Sumbar, khususnya untuk tingkat pro­vinsi harus bergabung untuk bisa mengusung calon,” ungkapnya.

Menurut dia, calon perse­o­rangan tetap memiliki pe­luang menang dalam pilka­da tahun ini. “Calon yang akan maju melalui jalur perseo­rangan tetap punya peluang, sebab preferensi pemilih saat ini justru terletak pada figur dan bukan partainya,” katanya.

Ia menjelaskan, khusus untuk KPU, harus memulai tahapan Pilkada sepanjang aturan dalam pasal Perppu yang disahkan menjadi UU. “Sebab dimulainya tahapan pilkada sudah siap dilak­ukan, misalnya untuk pem­bukaan pendaftaran bakal calon,” ung­kapnya. (h/mg-len/ant)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]