Bawaslu Siap Tangani Sengketa Pilkada


Kamis, 22 Januari 2015 - 19:40:37 WIB
Bawaslu Siap Tangani Sengketa Pilkada

Hal itu disampaikan Mu­ham­mad dalam Rapat De­ngar Pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR RI bersama KPU dan Bawaslu di Ruang Rapat Komisi II DPR RI, Jakarta. Ia mengatakan bah­wa Bawaslu menyambut baik wacana dari Mahkamah Agung dan MK untuk mem­bentuk lembaga baru dalam penyelesaian sengketa hasil pilkada.

Baca Juga : AHY Cs Absen di Sidang Mediasi Pertama, Kubu Moeldoko: Lecehkan Pengadilan

Namun, dia menegaskan daripada membentuk lem­baga baru dan menge­luar­kan anggaran baru, lebih baik hal penyelesaian sengketa pil­ka­da diberikan kepada Bawaslu. “Bawaslu siap apabila ke­we­nangan itu (penyelesaian seng­keta pilkada) diselesaikan oleh kami daripada negara memb­en­tuk badan baru,” ujarnya.

Tanpa maksud mem­bang­gakan diri lembaganya, kata dia, Bawaslu memiliki pengalaman relatif cukup sukses yang banyak diadopsi MK dalam menyelesaikan sengketa hasil pilkada dan cikal bakal putusan MK.

Baca Juga : Partai Golkar Satu Suara Usung Airlangga Hartarto Jadi Capres

Dalam RDP itu, Muham­mad juga menyampaikan ma­su­kan terkait dengan penyem­pur­naan Undang-Undang ten­tang Pemilihan Gubernur, Wali Kota, dan Bupati. “Ko­misi Pemilihan Umum (KPU) harus memetakan perma­sala­han teknis yang muncul dalam UU tersebut, kemudian me­nyiap­kan instrumennya,” ujarnya.

Hal itu, menurut dia, mu­lai dari penyusunan pedoman bagi Bawaslu, tim pengawas, pembentukan kesekretariatan pengawas pemilu, hingga pem­bentukan panitia pengawas di tingkat kabupaten/ kota.

Muhammad menjelaskan, sejauh ini Bawaslu sudah melakukan harmonisasi de­ngan aturan terkaitdengan UU yang sebelumnya adalah Pera­turan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) No­mor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota.

“Seperti aturan Bawaslu tentang pembentukan dan pem­berhentian antarwaktu pengawas pemilu,” katanya. (h/ant)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]