Farouk: Ada Perwira Polri Kejar Jabatan Melalui Pendekatan Uang


Kamis, 22 Januari 2015 - 19:48:09 WIB
Farouk: Ada Perwira Polri Kejar Jabatan Melalui Pendekatan Uang

Menurut Farouk, idealnya Polri tidak boleh diintervensi secara politik, sehingga tidak perlu mela­kukan pendekatan politik untuk mendapatkan jabatan. “Intervensi itu akan membuat persaingan tidak sehat yang mengakibatkan rusaknya soliditas di tubuh dan  mengganggu kinerja polisi dalam melayani masya­rakat,” ujar senator asal NTB itu.

Mengenai langkah Mabes Polri yang mempraperadilkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menetapkan calon Kapolri Komjen Pol Budi Gunawan sebagai ter­sangka, Farouk mengatakan  tidak ada yang aneh karena praperadilan itu sebagai salah satu instrumen hukum di Indonesia.

Baca Juga : Pengamat: PDIP Sudah Menutup Pintu bagi Ganjar Ikut Capres 2024

Namun,  dia mempertanyakan substansi yang dipraperadilkan Mabes Polri mengingat Budi dija­dikan tersangka oleh KPK. “Se­benarnya yang bisa dipraperadilkan itu adalah terkait proses penyidikan, salah tangkap dan penyitaan. Hanya tiga itu yang bisa dilakukan pra­peradilan. Kalau penetapan sebagai tersangka, menurut saya tidak bisa,” kata Farouk.

Secara terpisah, Wakil Ketua DPR Agus Hermanto menyambut baik kebijakan Presiden Jokowi yang menunda pelantikan Budi Gunawan sebagai Kapolri. “Saya sebagai Wakil Ketua DPR dari Demokrat mengapresiasi Presiden Jokowi yang menunda pelantikan Budi Gunawan sebagai Kapolri dan ini sesuai dengan yang diusulkan Fraksi Demokrat,” kata Agus Hermanto, di Press Room DPR.

Dikatakan Agus, kasus yang disangkakan KPK terhadap Budi Gunawan harus dituntaskan terlebih dahlu sebelum diangkat menjadi Kapolri. “Harus diurus sampai tuntas status tersangka BG. Jika memang tidak terbukti baru bisa dilaksanakan pelantikan,” kata Wakil Ketua Umum Partai Demo­krat itu.

Bahkan kata Agus, dengan me­nun­da pelantikan tersebut menjadi kesempatan emas bagi Budi Guna­wan untuk membuktikan dan mem­berikan kepastian pada masyarakat bahwa Kapolri clean dan clear. (h/sam)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]