Ribuan KJA Danau Maninjau Bersiap Diregistrasi


Jumat, 23 Januari 2015 - 19:28:44 WIB
Ribuan KJA Danau Maninjau Bersiap Diregistrasi

“Dalam upaya mengurangi jumlah KJA, BPLH tengah menyusun regulasi sebagai­mana yang telah diamanahkan di dalam Perda Danau Ma­ninjau. Salah satu tahapan yang bakal dilakukan adalah mela­kukan registrasi kepada pemilik keramba,” katanya.

Baca Juga : Gempa Berkekuatan 3,3 Magnitudo Dirasakan di Bukittinggi

Menurut Aswirman, upaya ini juga bagian dari usaha menekan semakin tumbuh suburnya KJA. Tidak bisa dipungkiri, terlalu banyaknya KJA adalah penyebab utama penurunan kualitas perairan Danau Maninjau. KJA juga merupakan sumber limbah yang potensial mencemari perairan danau.

“Pakan ikan dari pengelo­laan KJA menimbulkan lim­bah yang tidak sedikit penga­ruh­nya kualitas air danau. Dengan kondisi ini membuat ikan KJA menjadi rentan apa­lagi apabila cuaca buruk. BPLH terus berupaya melaku­kan beragam upaya untuk me­la­kukan penyelamatan agar fungsi Danau Maninjau kem­bali membaik,” jelasnya.

Baca Juga : Sambut Idul Fitri 1442 H, DPC IWAPI Pasaman Gelar Pasar Murah

Menurut Aswirman, de­ngan adanya registrasi akan lebih mudah melakukan pem­ba­tasan jumlah KJA yang ba­kal dimiliki oleh setiap orang pembudidaya.

“Sejauh ini belum ada bata­san terhadap itu. Satu orang pembudidaya tidak memiliki batasan dalam memiliki KJA,” jelasnya.

Baca Juga : Prakiraan Cuaca Sumbar Hari Ini, BMKG: Waspada Gelombang Laut Hingga 3 Meter

Ia mengatakan, saat ini Perbub sedang disusun seba­gai­mana yang diamanahkan peraturan daerah. Setelah ada payung hukumnnya tuntas, pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada pemilik KJA. Siapapun yang terkait di dalam ini nanti, hendaknya bisa menerima sehingga jum­lah KJA bisa ditekan secara bertahap. (h/yat)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]