Wako Sawahlunto Terus Buru Dana Pusat


Jumat, 23 Januari 2015 - 19:30:31 WIB
Wako Sawahlunto Terus Buru Dana Pusat

Terakhir, Walikota Sawah­lunto Ali Yusuf bersama Kepa­la Dinas Perindagkopnaker Sawahlunto, Deswanda, mene­mui Menteri Perindustrian RI, Saleh Husin, langsung di ruang kerjanya, Rabu (21/1).

Baca Juga : Antisipasi Penyebaran Covid-19 Saat Lebaran, Nagari Sinuruik Pasaman Barat Dirikan Posko dan PPKM Mikro

Dalam pertemuan yang berlangsung lebih kurang dua jam tersebut, Ali Yusuf menga­jukan penambahan mesin pe­ngo­lahan coklat, penambahan alat tenun mesin, serta un­dangan bagi Saleh Husin untuk menghadiri karnaval songket, Agustus mendatang.

Menteri Perindustrian Sa­leh Husin sendiri, berjanji akan mengabulkan pengadaan mesin generator penggerak mesin tekstil kapasitas 2 ton, mesin finishing tekstil, serta 20 unit mesin jaguar yang ber­fungsi untuk pengembangan motif.

Baca Juga : Cuaca Objek Wisata Sumbar Dilanda Hujan hingga Malam

Pengadaan mesin tekstil yang diperkirakan bernilai Rp2,2 milyar itu, ditujukan untuk meningkatkan kualitas serta ragam motif produk in­dustri tekstil Sawahlunto, baik yang bersifat tekstil produksi mesin maupun tekstil tra­disional.

Lobi yang dilakukan Wali­kota Ali Yusuf, juga berbuah bantuan mesin pengolahan coklat, dengan nilai yang di­perki­rakan mencapai Rp2 milyar. Deswanda mengata­kan, jika bantuan ini terwujud, diharapkan kita dapat men­dongkrak produksi dan mutu coklat Sawahlunto.

Yang lebih hebatnya lagi, Saleh Husin juga memberikan stan gratis bagi Sawahlunto dalam pameran hasil pakaian Indonesia, yang akan digelar 26 Februari 2015 mendatang, di Jakarta Convention Center.

“Kalau dihitung, untuk mendapatkan satu stan dalam pameran tersebut, diper­kira­kan mencapai Rp183 juta. Tapi, Alhamdulillah, kita di­beri­kan kesempatan secara gratis. Kesempatan tersebut akan diikuti pengerajin Ellen Songket,” ujar Deswanda.

Usai bertemu Menteri Pe­rin­dustrian, Ali Yusuf dan rombongan juga menemui Ketua DPP Partai Golkar, Abu Rizal Bakri. Dalam ke­sem­patan tersebut, Ali Yusuf sempat melakukan pertan­dingan tenis lapangan dengan Abu Rizal Bakri.

“Kita akan berusaha untuk melakukan lobi dengan siapa saja, guna mendapatkan pro­gram yang ada di pemerintah pusat, untuk dibawa ke daerah. Sehingga program pemba­ngunan Sawahlunto terus da­pat berkembang dengan baik,” tambah Ali Yusuf.

Sebelumnya beberapa wak­tu lalu, Ali Yusuf juga me­nyempatkan diri melakukan lobi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Koperasi dan UKM AA Gede Ngurah Puspayoga. (h/dil)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]