Yusuf Lubis Siapkan Rp17 Miliar


Jumat, 23 Januari 2015 - 19:32:03 WIB
Yusuf Lubis Siapkan Rp17 Miliar

Arena pertarungan politik di Kabu­paten Pasaman, memang di­prediski akan berlangsung panas dan sengit.

Baca Juga : Perdagangan Miras, Pemkab Solsel Telah Melarang Secara Aturan

Selain per­saingan ketat antara dua poros kekuatan (Benny dan Yusuf), sejumlah nama tokoh besar lainnya seperti wakil bupati incum­bent Daniel dan beberapa nama besar dari kalangan politisi, TNI dan pengusaha lainnya, juga dipastikan tidak akan tinggal diam.

“Benny Utama sangat baik kinerjanya dan perlu menuntaskan pembangunan Pasaman untuk jadi kabu­paten terkemuka di Provinsi Sumbar,” kata Ketua Fraksi Golkar, Sodikin Nursewan kepada Haluan, Jumat (23/1).

Baca Juga : Sumbar Bakal Konsumsi Produk Organik Nutrisi Alami Laa Roiba

Sebagai modal kekuatan untuk mengusung calon Bupati kata Sodikin Nursewan, Golkar sudah punya tujug kursi di DPRD Pasaman.

Namun, untuk mem­per­kuat jaringan politik, Golkar juga tidak akan menutup diri untuk menjajaki koalisi dengan partai lain. “Ada tiga atau empat partai yang sudah kita jajaki. Kemungkinan besar mereka akan ikut kita,” paparnya.

Baca Juga : Selama Bertugas Jadi Gubernur Sumbar, Mahyeldi Tak Ingin ASN Pemprov Terlibat Kasus Hukum

Meski telah digadang-ga­dang Partai Golkar, namun Benny Utama selaku incum­bent, tetap tidak gegabah. Ketika dihubungi Haluan kemarin, Benny mengaku masih akan melihat perkembangan peta politik di Pasaman, sekaligus melihat dukungan masyarakat terhadap dirinya.

Berbeda dengan Benny Utama, Yusuf Lubis justru telah menyatakan kesiapannya untuk maju pada Pilkada Pasaman mendatang, baik secara mental maupun material. “Kita sudah siapkan Rp17 miliar untuk Pilkada,” tandasnya.

Baca Juga : Isi Galeri di Pekanbaru, Disperindag dan UKM Pariaman Siapkan 100 Kodi Mukena Tiap Bulan

Diramaikan Kalangan TNI

Dari pantauan di lapangan, sejumlah partai politik me­mang belum lagi memun­cul­kan nama-nama kandidat yang akan mereka usung pada pil­kada nanti. Namun, beberapa nama tokoh dari kalangan ek­sternal dan para bakal calon yang berke­mung­kinan akan maju dari jalur pers­eo­rangan, terus me­ngapung ke permukaan.

Hingga saat ini, yang gencar melakukan sosia­lisasi ke tingkat masya­rakat dan kelompok-ke­lom­pok tertentu adalah tiga tokoh yang berasal dari kalangan TNI. Me­reka masing-masingnya Par­tomuan Tanjung, Atos Pratama dan Ahmad Fauzi. Tiga putra Pasaman ini sama-sama TNI aktif yang disebut-sebut akan maju pada pilkada Pasaman 2015 ini.

Selain dari kalangan TNI, juga terdapat sejumlah nama dari kalangan politisi seperti Muzli M. Nur dan wakil bupati incumbent, Daniel, yang ka­barnya akan diusung oleh PAN. Selain itu, juga terhembus nama tokoh muda Sabar As dan Burhanuddin, yang keduanya tengah menjabat sebagai ang­gota DPRD Provinsi Sumbar.

Tokoh muda Pasaman, Suibbah mengatakan, dari hasil pantauannya untuk Pilkada Kabupaten Pasaman, belum ada calon yang berani buka-bukaan mengatakan diri seba­gai calon bupati, kecuali Parto­muan Tanjung.

“P. Tanjung memang sudah me­masang baliho dimana-mana, yang dengan jelas me­nyatakan diri sebagai Cabup Pasaman,” ujar Suibbah.

Sedangkan Atos Pratama dan Ahmad Fauzi, masih da­lam tahapan mencari duku­ngan lapisan masyarakat. Na­mun, menurut informasi tim suksesnya, pihaknya sudah melakukan lobi-lobi dengan sejumlah pimpinan parpol di Pasaman. Demikian juga de­ngan Muzli M. Nur, Sabar As, dan Burhanuddin.

“Dua poros kekuatan poli­tik antara Benny Utama dengan Yusuf Lubis pada Pil­kada 2010 lalu tetap akan terasa. Semoga saja ada calon ketiga untuk me­redakan sua­sana poli­tik antara dua tokoh Pasaman itu,” pungkasnya.

Ahmad Fauzi yang dihu­bungi Haluan me­nga­ku, sejak satu tahun terakhir dirinya intens melakukan sosialisasi di tengah-tengah ma­syarakat Pasaman. Se­lain terjun langsung mengikuti pertemuan-perte­muan dengan ke­lom­pok ma­syarakat, sosialisasi juga dila­kukan melalui media kelender, baliho dan.

“Saya ingin mem­berikan pendidikan politik. Dimana pilkada itu bukan dengan uang. Tapi kesadaran untuk memilih pemimpin.

Saya pulang kam­pung un­tuk mengabdi dengan ikhlas sepe­nuh hati. Kita juga sudah siap­kan prog­ram-prog­ram­nya,” tulisnya lewat pesan singkat. (h/col)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]