Perbaikan Rusunawa Terkendala Anggaran


Jumat, 23 Januari 2015 - 19:48:01 WIB
Perbaikan Rusunawa Terkendala Anggaran

Salah seorang penghuni rusunawa lantai dua, Andika menjelaskan, kondisi tempat tinggalnya itu memang menyedihkan. Hampir di setiap ruangan ada ember sebagai penampung air. “Coba lihat, kita terpaksa memasang ember di setiap ruangan untuk menampung rembesan air,” ucap Andika.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Selasa 09 Maret 2021

Sebagai karyawan swasta yang gajinya hanya Rp1,5 juta mencari tempat tinggal yang murah memang menjadi targetnya. Andika sudah hampir dua tahun tinggal di kawasan tersebut. “Di sini kalau bicara bebas, ya memang agak bebas. Tetapi, yang namanya pekerjaan itu banyak jenisnya. Apalagi di rusunawa banyak yang tinggal pekerja swasta,” jelasnya. Kemudian penghuni di lantai tiga, Noni menyatakan, kondisi rusunawa memang tidak layak dikatakan sebagai rusunawa. Karena, rusunawa milik Kota Padang itu selalu bocor, apalagi ketika jam mandi setiap penghuni.

“Karena kondisi kayak ginilah tidak banyak aturan di rusunawa ini. Sebab, setiap hari ketika jam mandi, selalu waspada bocor dan siaga ember,” kata Noni. Sementara Kepala Dinas Tata Ruang dan Tata Bangunan Kota Padang, Afrizal mengakui kondisi rusunawa memang sudah lama dialami. Tetapi, minimnya anggaran untuk memperbaiki pipa yang bocor itu, makanya penghuni mencari inisiatif sendiri.

Baca Juga : Pantai Air Manis Padang Masih Lengang, Omset Pedagang Anjlok

Sedangkan anggaran pemeliharaan hanya Rp200 juta setiap tahunnya. Anggaran tersebut bisa digunakan untuk mengganti pipa yang bocor. Akan tetapi, anggaran belum cair. Ia menambahkan, kondisi rusunawa buruk itu juga bukan kesalahan saat ini saja. Ada kesalahan teknis yang terjadi di awal membangun. Makanya pipa air yang ada di rusunawa itu bocor. “Tapi kita tidak mau menyalahkan siapapun, kita harus berusaha memperbaikinya,” tutup Afrizal. (h/ows)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]