Australia Minta Warganya Tak Dieksekusi Mati


Jumat, 23 Januari 2015 - 19:51:33 WIB

“Pengampunan yang men­ja­di hak prerogatif selayaknya diberikan kepada mereka,” kata Abbott dalampernyataan. “Australia menentang hu­ku­man mati baik di dalam mau­pun luar negeri.”

Presiden Indonesia Joko Widodo yang mulai memim­pin pada Oktober bertekad tidak akan memberi ampun bagi napi narkoba, sehingga menuai kritikan dari pegiat hak asasi manusia di dalam maupun luar negeri.

Indonesia telah mengek­sekusi enam napi pengedar narkoba, termasuk lima warga negara asing, melalui regu tembak pekan lalu.

Brasil dan Belanda mena­rik duta besar mereka dari Jakarta, sementara Nigeria memanggil dubes Indonesia di Abuja, untuk memrotes ekse­kusi warga mereka.

Abbott mengatakan dirinya bersama Menteri Luar Negeri Julia Bishop telah melakukan pendekatan langsung ke pejabat di Indonesia dan “terus melakukan langkah yang diperlukan melalui saluran-saluran paling efektif” untuk menghentikan eksekusi Myu­ran Sukumaran dan Andrew Chan.

Belum jelas kapan eksekusi Sukumaran (33) dan Chan (31) akan dilakukan.

Sebelumnya Bishop menga­takan ia tidak akan mengesampingkan kemung­kinan menarik dubes Australia jika eksekusi benar-benar dilak­sanakan.

“Ini adalah saat-saat yang sangat sulit bagi keluarga dua anak muda ini,” kata Abbott. “Saya berbicara dengan kedua keluarga itu hari ini dan akan memastikan bahwa pe­merin­tah terus mendukung mere­ka.”(h/ans)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 09 Februari 2020 - 16:07:22 WIB

    Dampingi Presiden ke Australia, Bahlil: IA-CEPA Diharapkan Genjot Ekspor ke Australia

    Dampingi Presiden ke Australia, Bahlil: IA-CEPA Diharapkan Genjot Ekspor ke Australia JAKARTA,HARIANHALUAN.COM - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, mendampingi Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kenegaraan ke Canberra, Australia, tanggal 8-10 Februari 2020..
  • Kamis, 28 November 2019 - 09:11:37 WIB

    Sarjana RI Jadi Tukang AC di Australia, Gajinya Rp 800 Juta

    Sarjana RI Jadi Tukang AC di Australia, Gajinya Rp 800 Juta SYDNEY, HARIANHALUAN.COM - Data terbaru di Australia menunjukkan 'tukang' AC menjadi salah satu jenis pekerjaan pertukangan, atau istilahnya 'tradie', dengan gaji terbesar mencapai hampir Rp 800 juta per tahun..
  • Rabu, 05 Agustus 2015 - 19:20:18 WIB

    Hotel Berhantu di Australia Berusia 200 Tahun

    JAKARTA, HALUAN — Pe­ngi­napan Bush Inn di New Norfolk, di luar Kota Ho­bart, tercatat sebagai hotel paling tua di Australia de­ngan usia 200 tahun. Selain itu, kamar nomor 6 hotel itu kabarnya ada .

  • Rabu, 10 Juni 2015 - 18:52:01 WIB

    Dubes Australia Kembali Bertugas di Jakarta

    CANBERRA, HALUAN — Paul Grigson, Duta Besar Australia untuk Indonesia, diam-diam telah bertugas kembali ke Jakarta, Selasa (9/6/2015).

    Sydney Morning Herald mengabarkan, hal itu dibenarkan Julie .

  • Ahad, 22 Maret 2015 - 19:18:30 WIB

    Mantan PM Australia Malcolm Fraser Tutup Usia

    SYDNEY, HALUAN — Mantan Perdana Menteri konservatif Australia, Malcolm Fraser yang memimpin mulai 1975 saat Australia keluar dari krisis konstitusional terbesar di negeri itu, meninggal dunia pada Jumat .


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM