Budidaya Ikan Mina Padi Sejahterakan Penduduk


Ahad, 25 Januari 2015 - 18:51:09 WIB
Budidaya Ikan Mina Padi Sejahterakan Penduduk

“Jika usaha budidaya ikan melalui mina padi dapat direalisasikan nanti maka produksi ikan kon­sumsi mina padi bukan tidak mungkin mampu men­­capai 300 ton per ta­hun mengingat po­ten­sinya yang besar, bila dilakukan de­ngan sungguh sungguh,” ungkap Kepala Dinas Pe­rikanan Kabupaten Li­ma­puluh Kota, Ir.Refilza ke­tika dihubungi, Minggu kemarin di Payakumbuh.

Baca Juga : Gempa Berkekuatan 3,3 Magnitudo Dirasakan di Bukittinggi

Dikatakan,  program mina padi adalah salah sa­tu program pemerintah Mina Po­litan. Potensinya juga masih sa­ngat besar di daerah ini. “Program ter­sebut sudah diketahui man­faatnya bagi anggota ke­lompok tani atau ikan di sejumlah na­­gari yang tersebar pada 13 keca­matan, ber­ke­mung­kinan akan ada pro­sesnya dalam tahun anggaran 2015 ini,” ulas insinyur perikanan itu.

Menurut dia, pasaran ikan kon­sum­si di berbagai tempat masih menjanjikan. Harga ikan gurami saja misalnya dijual di pasar Ibuh mencapai Rp35 ribu per kg. Untuk jenis ikan mas/rayo Rp30 ribu per kg dan ikan nila juga mencapai Rp30 ribu per kg, lele dijual pedagang di pasar Ibuh mencapai Rp18 ribu hingga Rp20 ribu per kgnya.

Baca Juga : Sambut Idul Fitri 1442 H, DPC IWAPI Pasaman Gelar Pasar Murah

Sejalan dengan hal itu, pemberantasan kemiskinan di bidang perikanan juga dikem­bangkan.  Se­be­lum­nya sudah ada prog­ram mina pedesaan. Untuk pe­ning­katan produksi dan pro­duk­tifitas usaha pe­rikanan skala mikro. Prog­ram ter­sebu, untuk lebih me­num­buhkan wirausaha baru di bidang perikanan bu­didaya melalui kelompok usaha, seka­ligus men­do­rong pe­ningkatan pro­duksi.

Produktivitas perikanan terus dipacu, termasuk meng­-efektifkan budidaya perairan umum, jaring apung dan mina padi, se­hingga produksi ikan kon­sumsi diharapkan terus meningkat. Tahun 2015 ini de­ngan berbagai upaya terhadap petani/peternak ikan budidaya akan di­lakukan, diharapkan pro­duksi ikan konsumsi daerah ini mampu mencapai 91 ribu ton per tahun.

Baca Juga : Prakiraan Cuaca Sumbar Hari Ini, BMKG: Waspada Gelombang Laut Hingga 3 Meter

Ditargetkan produksi ikan budidaya kolam se­berat 78 ribu ton, budi­daya ikan di sawah (mina padi) seberat 12 ribu ton dan perikanan perai­ran umum seribu ton. Guna men­dukung pen­ca­paian target tersebut, ma­ka kebijakan umum pe­rikanan lima ta­hun ke de­pan di Li­ma­puluh Kota, adalah pe­ningkatan pro­duk­tifitas produksi pe­rikanan terutama pe­ri­kanan budidaya dan pe­manfaatan perairan umum. (h/zkf)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]