Maret, Sumbar Targetkan Perbaikan 44.000 Ha Irigasi


Ahad, 25 Januari 2015 - 19:00:24 WIB
Maret, Sumbar Targetkan Perbaikan 44.000 Ha Irigasi

“Untuk perbaikan ja­ring­an tresier atau jaringan-jaring­an irigasi kecil di sekitar lahan pertanian, kita memakai ang­­garan dari provinsi. Se­dang­kan untuk jaringan primer dan sekunder kita mengan­dalkan dana yang disalurkan dari pemerintah pusat,” ucap Djoni.

Baca Juga : Cegah Perceraian dan Kekerasan, Kemenag Padang Dukung Raperda PKK

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno yang turut hadir da­lam kegiatan tersebut juga memastikan, perbaikan irigasi menjadi prioritas utama dalam mencapai target Sumbar swa­sem­bada pangan pada 2017 mendatang.

“Sejauh ini perbaikan sa­luran irigasi sudah dilakukan sebanyak 24.000 ha. Kita me­ngu­sahakan hingga Maret nan­ti, sudah selesai perbaikan sebanyak 44.000 ha. Dan pada akhir tahun sudah tuntas se­mua­nya. Untuk jaringan tresier sudah ditanggung Ke­menterian Pertanian melalui provinsi. Sedangkan untuk primer me­ngan­dalkan pen­danaan dari pusat dan dari Pekerjaan Um­um,” ucap Irwan.

Baca Juga : Gempa 5,8 Magnitudo Guncang Padang, Pasien dan Keluarga di RSUP M Djamil Berhamburan

Selain itu, Gubernur juga mewanti-wanti agar daerah kabupaten/kota jangan sampai bergerak lamban. Salah satu hal yang menyebabkan per­gerakan lamban adalah biro­krasi yang berbelit-belit.

“Kita tidak memberi ruang sedikitpun kepada kabupaten/kota yang berbelit-belit dalam urusan birokrasi terkait per­baikan dan penambahan iri­gasi. Kita butuh pergerakan cepat untuk mencapai target. Jika ada daerah yang biro­krasinya berbelit-belit, pasti kita tinggalkan,” tutup Irwan. (h/mg-isq)

Baca Juga : Hendri Septa Serahkan SK Pengangkatan bagi 112 P3K di Lingkungan Pemko Padang Formasi 2019

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]