Isu Suap Mencuat di Pembahasan APBD 2015


Ahad, 25 Januari 2015 - 19:09:10 WIB
Isu Suap Mencuat di Pembahasan APBD 2015

Dikatakan Triono Hadi, Peneliti Kebijakan Angaran Publik Fitra Riau, kalau permasalahan dugaan isu suap dalam pembahasan APBD Riau tahun 2015 yang saat ini ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), membuat salah satu alasan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tidak berani menjalankan APBD.

Baca Juga : Pantai Salido Pesisir Selatan jadi Favorit Anak Muda

“Padahal APBD itu sudah disahkan sebelumnya. Tinggal dijalankan saja. Tinggal Plt (Plt Gubernur Riau,red), menyisir saja mana APBD yang tidak jelas atau masih sarat dengan hal-hal yang beraroma korupsi. Dan mana APBD yang tidak ada masalah,” ujar Triono kepada Haluan Riau, Minggu (25/1).

Yang tidak ada masalah, kata Triono, tinggal dijalankan. Sementara, anggaran bermasalah tinggalkan diserahkan kepada penegak hukum.

Baca Juga : Tempat Wisata Ditutup, Warga Padati Taman Kota Siak

Di dalam proses penyisirannya, papar Triono, Pemprov Riau dan DPRD Riau harus segera melakukan pertemuan untuk mengambil suatu kesepakatan. Juga, baik pihak eksekutif maupun legislatif, harus melakukan konsultasi-konsultasi dengan lembaga terkait dengan itu. “Apakah itu BPK (Badan Pemeriksa Keuangan,red) atau KPK. Agar diketahui, mana yang bisa dilakukan dan mana yang tidak bisa dilakukan,” lanjutnya.

Sekarang pertanyaannya, tukas Triono, apakah Pemprov Riau berani atau tidak. Kalau tidak, hal ini tentunya akan mengakibatkan kekacauan. Dipaparkannya, Pemprov Riau mempunyai lebih dari 30 persen dari semua kebutuhan anggaran pembangunan se-Provinsi riau. (hr/dod)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]