Objek Wisata Lubuk Nyarai Dikembangkan


Senin, 26 Januari 2015 - 18:35:26 WIB
Objek Wisata Lubuk Nyarai Dikembangkan

Diakui Azminur, selama ini penebangan liar dikawasan Hutan Lindung Bukit Barisan 1 di kecamatan cukup marak. “Namun setelah adanya pe­ngem­bangan wisata Air Terjun Lubuk Nyarai, penebangan liar tersebut jauh berkurang,” jelas Azminur.

Baca Juga : Leonardy Harmainy Tanggapi Aspirasi Masyarakat Nagari Campago Mengenai Pembangunan Stadion Mini

Menurut Azminur, objek wisata tersebut dikelola kelom­pok masyarakat. Dan kelom­pok masyarakat itu juga mela­ku­kan sosialisasi dampak dari penebangan liar dan manfaat pengembangan wisata.

“Alhamdulillan, sejak pe­ngem­bangan wisata ini, pene­bangan liar sangat jauh ber­kurang,” katanya.

Baca Juga : Serap Aspirasi, Wabup Sabar AS Wacanakan Berkantor di Tiap Kecamatan

Kepala Bidang Kehutanan pada Dinas Pertanian Pertena­kan dan Kehutanan Padang Pariaman, Moralitas yang dihu­bungi Haluan, Senin (26/1) menyampaikan, hingga saat ini status pada objek Wisata Air Terjun Lubuk Nyarai Ke­ca­matan Lubuk Alung meru­pakan kawasan hitan lindung Bukit Barisan 1.

Untuk pengembangan wi­sa­ta tersebut, menurut Mora­litas, pihaknya telah menga­jukan permohonan regulasi pengembangan hutan tersebut pada kementrian Kehutanan RI. “Memang kami telah me­nga­jukan regulasinya menjadi hutan nagari, dan prosesnya sedang berjalan” terangnya.

Baca Juga : Antisipasi Balap Liar, Polres Padang Panjang Sweeping Jalan

Sesuai data dari Dinas kehutanan, pada Hutan Lin­dung Bukit Barisan tersebut terdapat jenis kayu yang cukup berharga. Seperti, jenis borneo dan marantih.

Sekretaris Komisi IV DPRD Padang Pariaman, Dwi­warman pada Haluan me­ngungkapkan, pihaknya telah melakukan kunjungan pada kawasan wisata tersebut.

Baca Juga : Terlibat Balap Liar, Polres Sijunjung Amankan 30 Sepeda Motor

Menurutnya kawasan wi­sata itu memang terletak pada kawasan hutan lindung. “Kami menyarankan, sebelum pe­ngem­bangan kawasan ini, se­baik­nya regulasi hutan ter­sebut diselesaikan dulu,” ka­tanya. (h/ded)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]