Validasi Data Warga Miskin Dibutuhkan


Senin, 26 Januari 2015 - 18:36:39 WIB
Validasi Data Warga Miskin Dibutuhkan

PLH Dinas Pendidikan, Elfi Joni, dalam ke­te­ra­ngan­nya kemarin, data ke­miskinan sebetulnya sama, hanya saja perbedaannya bisa saja ada diantara warga yang pindah tapi tidak melapor ke kelu­rahan, begitu juga ada yang meninggal tapi belum ter­catat oleh aparatur kelu­rahan.

Baca Juga : Leonardy Harmainy Tanggapi Aspirasi Masyarakat Nagari Campago Mengenai Pembangunan Stadion Mini

Menurut Elfi Joni, perlu memakai data akurat, dalam menetapkan bea siswa. “Kami selalu melakukan cek fisik atau survei ke rumah warga yang dikatakan miskin ter­sebut, pengertian inilah yang harus kita seragamkan ber­sama masyarakat, “ujarnya.

Kepala Bappeda Paya­kum­buh, Rida Ananda, ter­pisah mengatakan, se­pan­jang kepe­mimpinan Wa­likota Riza Fa­lepi dan Wakil Walikota H. Suwandel Muchtar, cukup banyak kegiatan pe­nang­gu­langan kemiskinan yang di­lakukan pemko ter­masuk pa­da Dinas Pen­didikan.

Baca Juga : Serap Aspirasi, Wabup Sabar AS Wacanakan Berkantor di Tiap Kecamatan

Kegiatan Pemko, selain Dinas Pendidikan, juga me­lalui  bantuan usaha eko­nomi pro­duktif, seperti ban­tuan modal kelompok usaha ber­sama (KU­BE), ke­lompok wanita tani (KWT), ke­lom­pok bu­didaya pe­ri­ka­nan (pok­­­dakan) dan ke­giatan lain­nya. Usaha-usaha tersebut, berkembang baik di berbagai kelurahan  di kota ini, de­ngan omset bernilai mi­liaran ru­piah.

Selain bantuan modal usa­ha yang dilakukan SKPD ter­kait, Dinas  Sosal Tenaga Kerja, Dinas Tanaman Pangan  Per­kebunan dan Kehutanan, Dinas Perikanan dan Peter­nakan serta Badan Pem­ber­dayaan Masyarakat dan Ke­luarga  Berencana serta Kan­tor Ketahanan Pangan, juga dilakukan rehabilitasi rumah tidak layak huni menjadi ru­mah layak huni.

Baca Juga : Antisipasi Balap Liar, Polres Padang Panjang Sweeping Jalan

Sepanjang dua tahun ter­akhir, pemko telah mem­bangun 300 lebih rumah layak huni buat keluarga miskin. Hanya saja, kata Ri­da, angka  kemiskinan di Payakumbuh, masih tercatat cukup tinggi, jika dibanding dengan data BPS. Hal itu  terlihat dari data Program Pendataan Per­lin­dungan Sosial (PPLS) ta­hun 2011 yang  berjumlah 34.128 jiwa yang sudah terregistrasi oleh pemerintah pusat melalui BPJS.

Menurut data Dinkes ma­sih ada keluarga miskin yang belum terregister se­banyak 1.673 jiwa lagi. “Kalau di­akumulasikan, berarti di Pa­yakumbuh, tercatat 35.801  jumlah warga miskin,” se­butnya. (h/zkf)

Baca Juga : Terlibat Balap Liar, Polres Sijunjung Amankan 30 Sepeda Motor

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]