Bawa Ganja, Warga Solok Ditangkap


Senin, 26 Januari 2015 - 18:58:37 WIB
Bawa Ganja, Warga Solok Ditangkap

Dari infromasi yang diperoleh, ter­sangka AP yang merupakan pengedar ganja asal kabupaten Solok itu berniat akan menjual narkoba jenis ganja seberat 1 kilogram yang telah dibungkus rapi pada seorang pemesan di Sijunjung. Dari Solok, tiga pemuda dan 1 wanita tersebut be­rang­kat sekitar pukul 23.00 wib minggu (25/1) malam menggunakan mobil Carry warna putih BA 1892 YA.

Namun sebelum sempat transaksi, petugas Satuan Narkoba Polres Sijunjung telah mencium adanya rencana transaksi besar narkoba tersebut dari salah seorang warga. Tanpa menunggu perintah, Kasat Narkoba AKP Elvi Piliang bersama KBO Ipda Defrianto dan empat Kanit Narkoba langsung turun menunggu tersangka di Simpang Simancung.

Baca Juga : Denda Tak Patuh Prokes di Sumbar Capai Puluhan Juta Rupiah, Untuk Apa Ya?

Setelah melihat ciri-ciri mobil yang dikemudikan tersangka AP, petugas langsung menghentikan mobil tersebut tepat di Simpang Simancung kenagarian Padang Sibusuk. Saat mengetahui polisi yang menghentikan mobilnya, tersangka NA yang duduk di bekalang sopir be­rusaha membuang bungkusan warna kuning keluar mobil, namun uapaya membuang barang bukti tersebut diketahui salah seorang petugas dan meminta NA agar mengambil barang yang dibuang tersebut.

Setelah diperiksa, ternyata isi bung­kusan rapi tersebut adalah narkoba jenis ganja kering seberat 1 kg dan petugas pun langsung mengamankan seluruh orang yang berada di dalam mobil milik tersangka AP. Setelah memeriksa seluruh bagian mobil, petugas  menggiring mereka ke Mapolres Sijunjung.

“ Setelah dilakukan pengembangan, dari keterangan tersangka NA dan ter­sangka OP sisa ganja tersebut masih ada di rumah mereka di kota Solok. Pe­tugaspun tak mau menunggu lama, berpedoman dari tersangka NA, petugas kembali menemukan barang bukti ¼ kilogram di kediaman NA dan OP di terminal lama Pasar Kota Solok” ujar Kapolres Sijunjung AKBP Dwi Sulistyawan di­dam­pingi Kasat narkoba Elvi Piliang, KBO Narkoba Ipda Defrianto dan Paur Humas Ipda Agus Sutrisno.

Pihaknya juga menjelaskan bahwa saat dilakukan tes urin, tersangka AP, OP dan NA positif menggunakan narkoba jenis ganja. Sementara itu, hasil tes urin WA dinyatakan negatif oleh petugas Labor Dinas Kesehatan kabupaten Sijunjung. Meskipun hasil tes urin dari WA menga­takan negatif, petugas satnarkoba hingga siang kemarin, WA masih diperiksa mengenai keterkaitan dirinya dengan tiga tersangka lainnya tersebut.

“ Tersangka AP adalah pemilik narkoba tersebut, sementara OP dan NA adalah kaki tangan AP. Ketiganya dinyatakan sebagai tersangka karena memang di­sinyali­r sebagai pengedar. Hal tersebut dibuktikan atas barang bukti yang di­temukan dari tangan tersangka AP dan di kediaman OP dan NA di Solok.

Ketiga tersangka OP, AP, NA dan WA sekarang masih diamankan mapolres Sijunjung dengan menyita barang bukti berupa paket ganja seberat 1,4 kg dan mobil yang digunakan oleh para tersangka dalam melakukan aksinya serta dikenakan pasal 111, 112, 114 UU no 35 tahun 2009 tentang narkoba dengan hukuman penjara minimal 5 tahun penjara dan maksimal 15 tahun penjara. (h/ogi)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]