8,5 Persen Penduduk Pessel Masih Miskin


Senin, 26 Januari 2015 - 19:01:38 WIB
8,5 Persen Penduduk Pessel Masih Miskin

“Program pengentasan kemiskinan telah berlangsung selama sepuluh tahun terakhir dengan cara membangun prasarana dasar di nagari nagari yang ada di Pessel. Selain itu, sejumlah sumber perekonomian masyarakat dapat berjalan dengan baik misalnya sektor per­tanian, perkebunan, perikanan dan peternakan,” katanya.

Baca Juga : Wagub Sumbar Bakal Perjuangkan Normalisasi Sungai Batang Sumani ke Pusat

Disebutkannya, pengentasan kemiskinan di Pessel juga diiringi dengan peningkatan lama belajar masyarakat. Kini pendidikan masya­rakat Pessel telah membaik sehingga cara pikirnya juga membaik.

Selanjutnya Bupati Pessel Nasrul Abit mengatakan, setiap tahun terjadi penurunan angka kemiskinan sekitar 1,2 persen setahun. Tahun ini angka kemiskinan 8,5 persen semen­tara tahun lalu 9 persen lebih. Selanjutnya dalam rentang 2010 sampai 2013 berada pada rentang 9 hingga 12 persen dari 560 ribu total jumlah penduduk.

Baca Juga : Berprestasi, 31 Personel Polres Dharmasraya Dianugerahi Penghargaan

Menurut Nasrul Abit di awal ia memimpin Pessel jumlah angka kemiskinan mencapai 50 persen dari total jumlah penduduk ketika itu berjumlah 420 ribu jiwa.

“Limabelas hingga sepuluh tahun silam angka kemiskinan mencapai 42 ribu KK atau separuh penduduk Pessel berada dalam lingkaran kemiskinan. Lalu perlahan dengan mengandalkan gerakan PKK dan penyuluhan KB perlahan angka kemiskinan itu turun dan kini hanya 8,5 persen dari 560 ribu jiwa,” katanya.

Disebutkan Nasrul Abit, melalui PKK dengan sepuluh program pokok PKK melalui kadernya terus beru­paya melakukan peningkatan kapa­sitas warga guna tercapainya kese­jahteraan. Lalu PKK dengan kader KB juga bersinergi men­sosialisasikan pentingnya program KB.

“Berdasarkan pantauan kami, keluarga miskin di daerah itu umum­nya berasal dari keluarga banyak anak. Lalu disimpulkan bahwa penyebab kemiskinan salah satunya adalah banyaknya tanggungan dalan sebuah keluarga. Lalu dengan upaya sosialisasi dan pelaksanaan KB jumlah kelahiran berangsur turun dan berdampak langsung pada pe­nekanan angka kemiskinan,” ka­tanya. (h/har)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]