Harus Menang


Selasa, 27 Januari 2015 - 18:52:21 WIB
Harus Menang

Menarik menyimak bagai­mana strategi yang akan diterap­kan oleh Simeone. Akankan Atletico tetap menggunakan strategi bertahan sambil me­ngandal­kan serangan bailk se­perti biasanya . Namun strategi ini tentunya akan sangat riskan bagi Atletico. Barca memiliki kemampuan menguasai bola yang sangat baik.

Baca Juga : El Real Gagal Menyalip Atletico Madrid

Salah satu strategi yang pas digunakan adalah menyerang pertahanan Barcelona. Namun tentunya strategi ini keluar dari kebiasaan Atletico. Demi me­raih kemenangan lebih dari dua gol tentunya tidak ada salahnya mencoba strategi ini. Jika hanya bermain seri atau menang de­ngan selisih jarak1 gol  dan diatas 1-0  hanya sia-sia bagi Atletico.

Akhir pekan lalu, Atletico meraih modal penting dengan menang 3-1 saat menjamu Rayo Vallecano dan berangkat meng­hadapi Barca dengan ke­per­caya­an diri tinggi.Simeone juga harus membuat keputusan yang tepat di lini serang, namun pencetak gol terbanyak Mario Mandzukic diperkirakan akan menggeser Fernando Torres ke bangku cadangan. Juga akan ada peru­bahan di posisi kiper, dengan Jan Oblak kemungkinan akan tetap berada di bawah gawang.

Baca Juga : AC Milan Bungkam Juventus 3-0, Bianconeri Tergelincir dari 4 Besar

Atletico akan tanpa bek tengah mereka, Diego Godin, yang akan absen karena suspensi setelah mendapat kartu kuning di leg pertama. Akibatnya, Jose Gimenez akan menjadi starter di jantung pertahanan bersama Miranda.

Koke belum dapat di­pastikan mampu tampil pada per­tanding­an ini, namun jelas kehadirannya di lapangan sangat dibutuhkan oleh Atletico Madrid. Energi, intensitas, dan presisi Koke sangat vital bagi permainan skuat Diego Simeone musim ini. 8 assist telah disumbangkannya di kompetisi La Liga musim ini. Bersama Gabi dan Arda Turan, Koke akan bertugas me­menang­kan lini tengah menghadapi permainan penguasaan bola dari Barcelona.

Di sisi lain, Barca tampil impresif dengan catatan ke­menangan beruntun dalam en­am laga terakhir, termasuk saat membekuk Atletico di Camp Nou. Akhir pekan lalu, Blaug­rana juga tampil kesetanan dengan membantai Elche 6-0 dalam laga tandang.

Pelatih Luis Enrique tak bisa menurunkan trio lini belakang Jeremy Mathieu yang menga­lami cedera achilles, Thomas Vermaelen yang cedera hams­tring, dan Douglas Pereira yang sedang bergulat dengan masalah otot. Gelandang senior Xavi juga baru pulih dari cedera hams­tring, sementara Rafinha meng­alami cedera kepala.

Selama bertahun-tahun bela­kangan ini tidak ada pemain Barcelona yang lebih berbahaya dari Lionel Messi. Pemain yang bisa dibilang salah satu pemain terbaik sepanjang masa ini selalu mampu menjadi inspirasi keme­nangan Barcelona. Hanya cata­tan gol luar biasa dari Cristiano Ronaldo yang membuat Messi kurang mendapat terekspos mu­sim ini. 21 gol dan 10 assist dalam 20 pertandingan La Liga bukanlah torehan yang masuk kategori biasa-biasa saja. Kali ini pun magis Messi akan sulit ter­bendung oleh Atletico Madrid.

Barca, diperkirakan akan menurunkan Luis Suarez sejak menit awal setelah striker itu duduk di bangku cadangan saat timnya menghadapi Elche pada akhir pekan. Pemain asal Uru­guay itu akan melengkapi trio penyerang bersamaMessi dan Neymar.

Atletico Madrid tak pernah kalah dalam tiga pertandingan terakhir melawan Barcelona di Vicente Calderon, tetapi dalam pertandingan kandang terakhir mereka menghadapi Barcelona di Copa (2009), Atletico harus mengalami kekalahan 3-1.

Blaugrana hanya kalah 1 kali dalam 18 pertandingan terakhir mereka di semua kom­petisi dan akhir pekan lalu mereka mengalahkan Elche dengan skor 6-0. Sedangkan Atlético hanya 2 kali meraih kemenangan dalam 5 per­tan­ding­an terakhir mereka.

Meskipun tidak pada level terbaik mereka, Barcelona ha­rus­nya dapat lolos ke babak berikutnya, tetapi mereka mu­ng­­kin membutuhkan lebih dari 90 menit untuk me­lakukan­nya. (h/mg-san)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]