Tim Independen Tambah Beban Politik


Rabu, 28 Januari 2015 - 19:10:27 WIB
Tim Independen Tambah Beban Politik

Sementara itu, Ketua Komisi III DPR Aziz Syamsuddin tetap meminta agar Presiden Jokowi melantik Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri. Meskipun sudah ditetapkan menjadi tersangka oleh KPK dan Budi Gunawan diminta tak dilantik oleh tim independen.

Baca Juga : AHY Cs Absen di Sidang Mediasi Pertama, Kubu Moeldoko: Lecehkan Pengadilan

Dia menanggapi santai usulan tim independen yang minta Jokowi tidak melantik Budi Gunawan. Dia hanya men­jelaskan, Komisi III DPR hanya berpegangan pada UU yang ada. Pihaknya sudah menyelesaikan tugasnya dengan melakukan uji kepatutan dan kelayakan dan menyetujui Budi Gunawan menjadi Kapolri.

“Ya itu kan usulan tim independen. Komisi III hanya berpegang pada UU yang ada. Komisi III selalu berpan­dangan dengan UU,” kata Aziz.

Baca Juga : Partai Golkar Satu Suara Usung Airlangga Hartarto Jadi Capres

Sementara itu, PDIP tetap ngotot agar Komjen Budi Gunawan dilantik sebagai Kapolri, walaupun telah berstatus tersangka. Tidak hanya PDIP dan Koalisi Indonesia Hebat (KIH) yang notabene pendukung utama pemerintahan Jokowi-JK, sejumlah partai-partai yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih (KMP) juga getol, agar Budi Gunawan sebagai Kapolri karena telah disidangkan dalam rapat paripurna DPR.

“Jadi itu memang sebuah dilema yang dihadapi oleh Presiden,” kata Tim Independen Imam Prasodjo di Kantor Setneg, Jakarta, Rabu (28/1). (*/mdk)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]