Distributor Buah Impor dalam Pengawasan


Kamis, 29 Januari 2015 - 19:28:23 WIB
Distributor Buah Impor dalam Pengawasan

Menurut Aidil, BPOM dalam melakukan pengawasan bukan hanya Apel yang tengah di bicarakan, tetapi semua buah yang masuk dan dijual di pasaran.

Baca Juga : Sumatera Adventure Bisa Menjadi Lokomotif Ekonomi Baru 

“Jangan hanya Apel saja yang menjadi fokus, buah-buahan yang lainnya juga perlu di cek, karena tidak tertutup kemungkinan buah tersebut keberadaanya tidak strelisasi dan tanpa izin,” ungkap ketua Fraksi Demokrat ini.

Terpisah, Dinas Perin­dus­trian dan perdagangan (Dia­perindag) Provinsi Riau, terus mengoptimalkan pengawasan distribusi impor buah, yang masuk ke Provinsi Riau. Pe­nga­­wasan yang dilakukan ber­u­pa pengecekan terhadap selu­ruh buah yang masuk.

Baca Juga : Bagian dari Sport Tourisme, Sandiaga Uno Dukung Pelaksanaan Tour de Singkarak Digelar Tahun Ini

“Kami langsung bergerak cepat, mengawasi distributor buah impor seperti apel, karena buah apel asal Amerika Serikat tersebut diduga terkon­tami­nasi bakteri,” kata Kepala Disperindag Riau, Ramli Wa­lid, Kamis (29/1).

Pengawasan buah impor rutin dilakukan, dan akan terus ditingkatkan guna menjamin buah Apel beredar di Riau tidak terkontaminasi bakteri yang bisa mematikan, seperti yang terjadi di Amerika Se­rikat. “Kami tidak mau keja­dian di Amerika terjadi di Riau. Makanya kita langsung bergerak memantau dan me­nga­wasi pamasok apel. Diatri­buto juga harus turut meneliti buah yang impor,” tegasnya.

Ramli kembali meminta distributor tidak seenaknya melepas apel ke pasaran. Apel yang diimpor terlebih dahulu diisolasi dan diperiksa secara khusus, biar tidak ada bakteri. Apabila ditemukannya bakteri dalam apel dari luar negeri tersebut, Disperindag minta agar apel tersebut tidak dijual kepada konsumen.

“Pihak kita sudah turun untuk melakukan pengecekan, namun bagaimana hasilnya belum bisa kita sampaikan karena masih dalam pelak­sanaan. Kalau bisa di teliti dulu sebelum di jual untuk dis­tributor,” tambah Ramli. (hr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]