Kandidat Balon Kepala Daerah Dharmasraya Memilih Diam


Kamis, 29 Januari 2015 - 19:36:04 WIB
Kandidat Balon Kepala Daerah Dharmasraya Memilih Diam

Menurut Ketua DPC Partai Nasdem Kabupaten Dhar­masraya Hengki Purnanda yang dihubungi Haluan men­yebut­kan, dalam masa uji pu­b­lik nanti, partai besutan Surya Paloh ini akan mengusung lima balon. Ini sesuai dengan ketentuan SK dari DPP. Arti­nya, Nasdem membuka diri selebar-lebarnya.

Sedangkan jumlah yang akan diajukan kepada DPP diusahakan lebih dari lima balon, karena seleksi masih terus berlanjut hingga ke DPP. Dari lima orang tersebut akan dilakukan lagi survey oleh DPP, siapa yang tertinggi skor­nya, itulah yang akan dimaju­kan sebagai calon. Tentu DPP akan memperhatikan per­sya­rat­an lainnya.

Baca Juga : Denda Tak Patuh Prokes di Sumbar Capai Puluhan Juta Rupiah, Untuk Apa Ya?

“Untuk partai koalisi  be­lum ada keputusan. Apakah itu partai yang tergabung da­lam fraksi yang disebut dengan Restorasi Kebangsaan yaitu tiga kursi dari Partai Nasdem dan dua kursi dari PKB, atau lainnya. Semuanya masih da­lam penjajakan,” terang Heng­ki, Kamis (29/1).

Untuk bisa mengusung calon bupati, Partai Nasdem yang meraih satu kursi harus mencari dua kursi lagi.

Sementera beberapa partai yang lebih tua dan lebih besar dari Partai Nasdem malah belum memperlihatkan tanda-tanda membuka pendaftaran balon Bupati Dharmasraya. Partai Golkar sebagai partai pemenang di Dharmasraya dengan lima kursi wakil rak­yat­nya yang duduk, juga belum melakukan penjaringan. Na­mun mekanismenya tidak jauh berbeda dengan penjaringan sebelumnya dan terbuka untuk umum atau orang di luar partai atau kader partai.

“Partai Golkar tetap men­jaring dan masih melakukan survey terhadap nama-nama yang masuk bursa dan bahkan survey sudah dilakukan ter­hadap nama-nama yang di­sebut akan maju, nanti akan ada lagi survey terakhir,” tutur Ketua DPD Golkar Dhar­mas­raya Masrul Ma’as yang di­hubungi Haluan.

Begitu pula dengan PDI Perjuangan, menurut Ketua DPC PDI Perjuangan Kabu­paten Dharmasraya, Budy Sanjaya, untuk partai ber­lam­bang moncong putih banteng gemuk, tetap membuka pen­daf­taran seperti biasa. Bagi pendaftar otomatis menjadi kader partai, kemudian be­berapa nama akan diputuskan oleh DPD dan DPP. Sedangkan pendaftaran akan dimulai se­habis Kongres PDI Perjuangan pada akhir April nanti.

Sedangkan Ketua DPD Pa­r­­tai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Dharmasraya Sah­rul Furqan, yang dihubungi Haluan mengatakan belum melakukan penjaringan. Mes­kipun DPD PAN Sumbar su­dah mengimbau daerah untuk membuka pendaftaran.

Sejumlah nama memang belum mendaftarkan diri se­cara resmi ke partai, namun nama-nama sebagai balon Bu­pati Dharmasraya sudah lama mengapung di tengah masya­rakat. Salah satunya orang nomor satu di tanah mekar ini yaitu bupati Adi Gunawan, kemudian nama Taufik Syu­kur, Sutan Riska Tuanku Ke­rajaan. Beberapa nama lainnya yang sempat ditanya Haluan masih malu-malu kucing se­perti Syafruddin Dt Sunggono, Amrizal Dt Rajo Medan,. Se­men­tara untuk posisi wakil, banyak sekali nama-nama yang bermunculan. (h/mdi)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]