Parpol Diminta Perhatikan Tahapan Pilkada


Kamis, 29 Januari 2015 - 19:43:52 WIB
Parpol Diminta Perhatikan Tahapan Pilkada

Beberapa tahapan pelaksanaan Pilkada Sumbar yang harus dilalui yakni, tahap Bakal Calon (Balon) dan tahap calon. Pada tahap balon tidak disyaratkan adanya dukungan partai. Selain itu, pada tahap ini akan ada uji publik tentang kelayakan menjadi calon. Artinya, setiap calon harus mengikuti tahapan bakal calon karena pada tahapan ini, KPU memiliki kewenengan untuk menentukan lolos tidaknya menjadi calon.

Baca Juga : Cegah Penularan Covid-19, Lapas Padang Lakukan Penyemprotan Desinfektan

“Jadi uji publik pada tahapan bakal calon menjadi syarat seseorang maju menjadi calon. ‘Walaupun tahapan ini tidak bisa mengeliminir bakal calon, tetapi merupakan syarat yang wajib diikuti oleh siapapun yang ingin mencalonkan diri untuk pencalonan dalam pilkada,” ujar Mufti saat ditemui di ruangannya, Kamis (29/1).

Setelah lolos, untuk maju menjadi calon harus mendapat dukungan dari partai minimal 20 persen. Sedangkan untuk calon perseorangan minimal lima persen dari populasi penduduk.

Baca Juga : Jelang Lebaran, Perumda AM Padang Siagakan Petugas Lapangan

“Pendaftaran bakal calon pada 26 Februari-3 Maret  2015. Untuk pendaftaran calon mulai 4-6 Agustus 2015,” jelas Mufti. (h/mg-rin)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]