Arti Penting Dukungan TNI Dalam Mencapai Swasembada Pangan


Kamis, 29 Januari 2015 - 19:54:20 WIB
Arti Penting Dukungan TNI Dalam Mencapai Swasembada Pangan

Keikutsertaan TNI dalam program swasembada pangan sangat perlu mengingat besarnya tantangan yang harus dihadapi, antara lain penduduk yang terus bertambah, alih fungsi lahan, perubahan iklim, dan lain-lain. Sebelum turun ke masyarakat, ke lahan-lahan pertanian pangan, yakni sawah, kebun jagung atau pun kedelai personel TNI telah diberikan pelatihan oleh para pakar pertanian tanaman pangan.

Baca Juga : Antisipasi Arus Balik Lebaran, Polda Metro Siapkan 12 Titik Pos Pemeriksaan

Pelatihan pertanian pangan yang diikuti oleh personel TNI tentunya diharapkan dapat menyukseskan program pe­merintah dalam rangka mencapai swasembada pangan dalam kurun waktu  kurang  dari  tiga tahun. Kegiatan pelatihan tersebut memiliki arti penting untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi personel TNI dalam menjalankan tugas membantu memberikan penyuluhan kepada petani. Selain itu juga sebagai tambahan  kete­rampilan  dan bekal untuk bersosialisasi di masyarakat.  Lebih penting lagi TNI ikut berkontribusi dalam mendukung program ketahanan pangan.

TNI bisa menjadi pendamping para pertani sesuai dengan wilayah tugas masing-masing  sekaligus  menjadi penyuluh  pertanian untuk komoditas tanaman pangan seperti padi, jagung dan kedelai. Melalui peran serta TNI dalam program ini  diharapkan pula dapat  memberikan kontribusi nyata terhadap pencapaian ketahanan pangan nasional.

Baca Juga : Satu Korban Luka Kebakaran Pertamina Balongan Meninggal, Total Jadi Empat Orang

Pemerintah Provinsi Sumbar bersama Korem 032/Wirabraja optimis dapat mencapai 500 ribu ton swasembada pangan tiga tahun ke depan, yang telah ditargetkan Ke­menterian Pertanian.

Tahun 2015, Pemprov Sumbar dengan Korem 032/Wbr secara serentak melakukan penanaman padi di 10 titik yang ada di daerah Sumbar, sekaligus sebagai acara syukuran HUT Korem 032/Wbr yang ke-30 bertempat di demplot percon­tohan pertanian organik di Dusun Tong Blau, Nagari Kasang, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Pariaman, Kamis (29/1). Diharapkan nantinya, hasil panennya sesuai dengan target.

Acara itu dihadiri Gubenur Sumbar Irwan Prayitno, Wakil Gubernur Sumbar Muslim Kasim, Danrem 032/Wirabraja Brigjend TNI Widagdo Hendro Sukoco, Danlanud Padang Letkol Pnb M.Apon, Danlantamal Laksma I Nyoman Nesa, Kapolda Sumbar Brigjen Pol Bambang Sri Herwanto, Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni, Pimpinan BI, Pimpinan Bank Nagari, Pimpinan BRI Cabang Padang, kepala SKPD, serta ibu-ibu Persit Koorcabrem 032/Wbr, Ibu-ibu Bhayangkari Polda Sumbar, tokoh masyarakat, ninik mamak, alim ulama dan Muspida se-Kabupaten Padang Pariaman.

Untuk meningkatkan produksi pangan sehingga target bisa tercapai Korem telah mendatangkan 14 pakar dan ahli di bidang pertanian, peternakan dan perkebunan dari Jawa. Para ahli ini telah berada di Sumbar pada bulan Oktober 2014 dan telah memberikan pelatihan terhadap Babinsa yang ada di Kodim se-Sumbar dan kelompok tani. Dengan keterlibatan TNI dalam swasembada pangan sekitar 500 ribu ton dalam, tiga tahun ke depan di Sumbar, dengan dibantu oleh Korem 032/Wbr agar dapat tercapai hingga tahun 2017.

Penting digarisbawahi bahwa mewujudkan swasembada pangan bagi Bangsa Indonesia sangatlah penting. Tidak mungkin kita akan menjadi bangsa yang berdaulat penuh, baik secara ekonomi, politik dan keamanan ketika kebutuhan pangan saja bangsa ini tidak dapat memenuhinya. Saat terjadi gangguan keamanan atau kerusakan hubungan diplomatik dengan negara tertentu yang menjadi pengimpor utama kebutuhan pangan kita, tentu negara ini tidak memiliki keberanian atau kemandirian dalam menghadapi intervensi atau pun gangguan tersebut. Apalagi Indonesia memiliki peluang besar menjadi negara swasembada pangan, mengingat wilayahnya yang sangat luas dan terbilang subur. Konsentrasi pemerintah dan masyarakat di dalam mengelola pertanian juga menjadikan perekonomian menjadi hidup.  **


Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]